Laporan terkait Sukmawati akan dikumpulkan polisi

id Ari Dono Sukmanto

Laporan terkait Sukmawati akan dikumpulkan polisi

Kabareskrim Polri Komjen Pol Ari Dono Sukmanto. (Antara)

Total ada 18 laporan. Ini masih kami pelajari kasusnya. Nanti akan kami kumpulkan semua laporannya
Jakarta, (Antaranews Sumbar) - Penyidik Bareskrim Markas Besat (Mabes) Kepolisian Republik Indonesia (Polri) akan mengumpulkan semua laporan masyarakat terkait dugaan penistaan agama yang dilakukan Sukmawati Soekarnoputri saat membacakan puisi Ibu Indonesia.

Kabareskrim Polri Komjen Pol Ari Dono Sukmanto mengatakan sedikitnya ada 18 laporan yang melaporkan Sukmawati atas kasus yang sama. Laporan tersebut dibuat tidak hanya di Bareskrim dan Polda Metro Jaya, tapi juga di kantor polisi di sejumlah daerah lain.

"Total ada 18 laporan. Ini masih kami pelajari kasusnya. Nanti akan kami kumpulkan semua laporannya," kata Komjen Ari di Mabes Polri, Jakarta, Kamis.

Menurut dia, pengumpulan laporan-laporan tersebut guna memudahkan penyelidikan dan pemeriksaan saksi.

Puisi yang dipersoalkan adalah puisi berjudul Ibu Indonesia yang dibacakan Sukmawati saat ajang Indonesia Fashion Week 2018 di Jakarta.

Menyusul sikap masyarakat yang memprotes isi puisi tersebut, Sukma pun meminta maaf kepada umat muslim di Indonesia. Ia menjelaskan bahwa tidak ada niat untuk menistakan agama Islam melalui puisi tersebut.

Namun demikian, sebagian ormas Islam tetap menginginkan Sukma diproses hukum. Bahkan pada awal April 2018, beberapa ormas Islam menggelar demonstrasi untuk mendesak polisi menangkap Sukmawati.(*)