Cara Padang ciptakan kenyamanan warga dalam menggunakan angkutan umum

id Penataan angkutan umum Padang,Papan Informasi Angkutan Umum Padang

Cara Padang ciptakan kenyamanan warga dalam menggunakan angkutan umum

Papan informasi angkutan kota di Padang. (ANTARA SUMBAR/M R Denya Utama)

Padang, (Antaranews Sumbar) - Pemerintah Kota Padang, Sumbar akan memperkuat penataan angkutan umum guna memberikan kemudahan dan kenyamanan warga dalam memanfaatkannya.

"Untuk angkutan massal Trans Padang akan segera dibuka koridor baru, sementara angkutan kota akan lebih ditata," ujar Kepala Dinas Perhubungan Padang, Dedi Henidal di Padang, Rabu.

Dia menyebutkan untuk angkutan massal bus kelas menengah itu ditargetkan hingga 2020 akan dibuka sampai 6 koridor atau trayek. Saat ini baru beroperasi satu trayek yakni Pasar Raya-Lubuk Buaya dengan jumlah armada 25 unit.

Kemudian secara bertahap, pihak Dishub juga menata jalur angkutan kota yang sebagian besar berpusat dari Pasar Raya. Terhitung saat ini ada 20 lebih trayek ke sebelas kecamatan di Padang dari pusat perdagangan terbesar di ranah bengkuang itu.

Salah satu yang telah dilakukan yakni memasang informasi trayek angkutan kota umum di beberapa lokasi seperti di depan Ruang Taman Hijau Imam Bonjol. Dalam informasi itu tertera jalur angkutan kota, warna mobil dan kode trayek untuk memudahkan warga dalam memilih angkutan kota sesuai tujuannya.

"Jadi tidak perlu menunggu lagi dari Pasar Raya karena di informasi sudah tertera jelas jalur yang dilewati angkutan tersebut," jelas dia.

Papan informasi ini juga akan bermanfaat bagi wisatawan yang berkunjung ke Padang juga pendatang untuk bepergian ke seantero kota.

"Ke depan akan dibangun terminal untuk pemberhentian angkutan kota," tambah Dedi.

Kementerian Perhubungan saat ini tengah membangun terminal angkutan umum untuk antar daerah di Anak Aia yang Februari lalu telah dilaksanakan peletakkan batu pertama. Ke depan juga di Pasar Raya akan diatur tempat pemberhentian angkutan kota, saat ini sudah dilakukan secara bertahap. (*)