Payakumbuh siap laksanakan UNBK SMP 2018

id UNBK SMP,UNBK SMP Payakumbuh

Payakumbuh siap laksanakan UNBK SMP 2018

Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) SMP.

Payakumbuh, (Antaranews Sumbar) - Pemerintahan Kota Payakumbuh, Sumatera Barat (Sumbar), memastikan telah merampungkan persiapan pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) sederajat, yang mulai dilaksanakan pada 23 April 2018.

"Sejak Januari 2018 pelbagai persiapan pelaksanaan UNBK SMP telah mulai dilakukan, sekarang melalui monitoring rutin bisa dipastikan persiapannya telah seratus persen," kata Kepala Dinas Pendidikan daerah itu, Agustion, di Payakumbuh, Selasa.

Ia mengatakan persiapan harus dimatangkan mengingat pada 2018 seluruh siswa SMP sederajat di daerah itu melaksanakan ujian berbasis komputer.

"Semua siswa tahun ini sudah melaksanakan ujian berbasis komputer, kecuali siswa di SMP Luar Biasa (LB), " katanya.

Ia menyebutkan jumlah peserta UNBK 2018 sebanyak 3.287 orang dari 23 sekolah, terdiri dari SMP negeri, swasta, serta MTs.

Pelbagai persiapan yang dilakukan sejak Januari 2018 itu meliputi pengecekan server, tiga kali uji coba, sinkronisasi, serta "finishing".

Agustion juga menyebutkan kalau pihaknya telah menyiapkan antisipasi untuk berbagai kendala yang muncul saat pelaksanaan ujian nanti.

Pertama adalah komputer cadangan di setiap lokal ujian, sebagai alternatif ketika nanti terjadi kerusakan. Minimal terdapat dua komputer cadangan di masing-masing ruangan.

"Selain itu di masing-masing lokal juga disiapkan teknisi serta proktor. Mereka yang akan langsung bekerja ketika terjadi gangguan teknis," katanya.

Ketika ditanyai tentang kesiapan listrik, ia mengatakan koordinasi terus dijalin dengan pihak Perusahaan Listrik Negara (PLN), untuk memastikan tidak ada pemadaman ketika ujian berlangsung.

"Karena sudah koordinasi dan komitmen dengan PLN, kami tidak menyediakan cadangan daya seperti generator set (genset). Terkadang genset arusnya tidak stabil," jelasnya.

Dari 23 sekolah yang melaksanakan UNBK pada 2018, 70 persen di antaranya telah ujian menggunakan fasilitas sekolah masing-masing. Sementara 30 persen sisanya menumpang di SMA serta SMK.

"Tahun depan ditargetkan 100 persen sekolah sudah UNBK di sekolah masing-masing," katanya.