Begini cara Pesisir Selatan mendongkrak kunjungan ke perpusatakaan

id Kunjungan Perpustakaan Pesisir Selatan,Dinas Arsip dan perpustakaan pesisir selatan

Begini cara Pesisir Selatan mendongkrak kunjungan ke perpusatakaan

Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Pesisir Selatan, Rio Fatma. (ANTARA SUMBAR / Didi Someldi Putra)

Painan, (Antaranews Sumbar) - Pesisir Selatan sediakan kantin literasi untuk mendongkrak kunjungan ke perpustakaan daerah itu dengan target tahun ini sebanyak 11.000 orang, meningkat dibanding tahun lalu 6.275 orang.

"Kantin literasi yang akan menjadikan pengunjung betah berlama-lama, karena selain nyaman pengunjung juga bisa menyantap pelbagai panganan dengan harga terjangkau," Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan setempat, Rio Fatma di Painan, Selasa.

Saat ini pustaka umum daerah setempat menyediakan 7.873 judul buku dengan total koleksi mencapai 15.819 buku.

Buku-buku tersebut mencakup pelbagai pembahasan sehingga seluruh kebutuhan pembaca mulai dari tingkat sekolah dasar hingga perguruan tinggi serta umum bisa terpenuhi.

Selain memiliki pustaka umum daerah, kabupaten setempat juga memiliki pustaka-pustaka di tempat umum, seperti di SD terdapat 26 pustaka, SMP 13 pustaka, SMA sembilan pustaka, nagari 61 pustaka dan mesjid 15 pustaka.

"Khusus bagi pustaka di tempat umum ini kami memperbaharui buku bacaannya setiap sepekan sekali, sehingga koleksinya menarik untuk dibaca dan tidak monoton," ujarnya.

Menurutnya, membaca akan berdampak baik bagi pembacanya, seperti mampu memecahkan pelbagai persoalan karena menemukan ide melalui bacaannya.

"Seperti cara penanganan hama, cara agar ternak sapi berkembang dengan baik dan lainnya semuanya ada dalam buku-buku yang kami koleksi," katanya.

Menurutnya, saat ini hanya tinggal masyarakat apakah ingin menambah pengetahuannya melalui membaca atau tidak, dan jika ingin pustaka umum daerah membuka pintu seluas-luasnya. (*)