Ramadhan, Pemkot Payakumbuh kembali bagikan bahan pokok ke warga miskin

id Dahler,Bantuan Ramadhan Payakumbuh

Ramadhan, Pemkot Payakumbuh kembali bagikan bahan pokok ke warga miskin

Kepala Dinas Koperasi UMKM Perindustrian dan Perdagangan Payakumbuh, Dahler. (ANTARA Sumbar/Dokumen pribadi)

Payakumbuh, (Antaranews Sumbar) - Pemerintah Kota Payakumbuh, Sumatera Barat (Sumbar), menyiapkan bantuan bahan pokok bagi warga kurang mampu, yang akan dibagikan saat Ramadhan.

"Ini merupakan program rutin yang telah dianggarkan setiap tahun, salah satu upaya pemerintah membantu masyarakat saat Ramadhan sekaligus menyambut Lebaran," kata Kepala Dinas Koperasi UMKM Perindustrian dan Perdagangan Payakumbuh, Dahler, di Payakumbuh, Selasa.

Untuk menjalankan program bantuan tersebut, pemkot menganggarkan dana sebesar Rp199 juta. Program tersebut diperuntukkan kepada warga kurang mampu di Payakumbuh berjumlah 2.445 Kepala Keluarga (KK).

Bantuan yang akan diberikan tidak dalam bentuk uang tunai melainkan bahan pokok serta makanan, di antaranya beras, minyak goreng, gula, tepung, dan lainnya.

Dalam penyaluran pihaknya akan berkoordinasi dengan pemerintahan di tingkat kecamatan, serta tingkat kelurahan.

"Koordinasi dilakukan dengan kecamatan dan kelurahan, karena mereka yang berada di garda depan serta berhubungan langsung dengan masyarakat," katanya.

Program bantuan itu diharapkan bisa menjadi media untuk saling berbagi kebahagiaan bersama masyarakat.

Pada bagian lain, Pemkot Payakumbuh juga menyiapkan sejumlah program untuk menstabilkan harga bahan pokok ketika Ramadhan.

Persiapan pertama adalah dilakukannya operasi pasar sebagai antisipasi ketika harga bahan pokok melonjak.

Dinas Koperasi UMKM Perindustrian dan Perdagangan juga menyiapkan stok bahan pokok tersendiri, disamping koordinasi dengan Perusahaan Umum (Perum) Badan Urusan Logistik (Bulog).

Selain itu, pihak dinas juga juga akan menggelar pasar murah yang merupakan kegiatan rutin tahunan.