Pariaman berikan pelatihan pengembangan karakter guru PAUD

id Pelatihan guru PAUD

Wali Kota Pariaman, Mukhlis Rahman memberikan arahan pada kegiatan pengembangan karakter bagi guru Pendidikan Anak Usia Dini (Paud) di Kota Pariaman. (Antara Sumbar/Muhammad Zulfikar)

Pariaman, (Antaranews Sumbar) - Pemerintah Kota Pariaman, Sumatera Barat memberikan pelatihan pengembangan karakter bagi guru Pendidikan Anak Usia Dini (Paud) untuk meningkatkan kualitas dalam mentransformasikan ilmu kepada anak didik di daerah itu.

"Peran guru PAUD dalam mendidik anak cukup menentukan perkembangan mental dan karakter, oleh karena itu perlu peningkatan kualitas sumber daya tenaga pendidik," kata Wali Kota Pariaman, Mukhlis Rahman, di Pariaman, Senin usai kegiatan pengembangan karakter bagi pendidik PAUD se Kota Pariaman.

Keberadaan pendidik di PAUD ujar dia, selaras dengan menentukan perkembangan 1.000 hari kehidupan pertama seorang anak. Oleh karena itu pemantapan sumber daya tenaga pengajar dinilai penting dilakukan.

Selain cukup menentukan dalam perkembangan karakter dan mental anak-anak, peran guru PAUD juga mempengaruhi akhlak anak ke depannya.

"Jika guru khususnya pendidik PAUD bisa mentransformasikan ilmu sesuai kebutuhan anak, maka hal itu akan berdampak positif bagi perkembangannya ke depan," kata dia.

Pihaknya berharap pelatihan karakter bagi tenaga pendidik PAUD dapat semakin mencerdaskan bangsa melalui dunia pendidikan di daerah itu.

Ia mengatakan sebelumnya pada 2014, pemerintah daerah telah berupaya meningkatkan kesejahteraan pendidik PAUD melalui alokasi Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD).

Namun hal itu tidak bisa direalisasikan karena Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Republik Indonesia melarang pemerintah daerah memberikan bantuan sosial kepada pihak swasta.

"Pada 2014 sudah ada penambahan anggaran dari Rp300 ribu menjadi Rp500 ribu untuk honor tenaga pengajar PAUD, namun karena terhalang aturan maka tidak bisa direalisasikan, oleh karena itu pemerintah berharap masyarakat memahami hal itu," katanya.

Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kota Pariaman Kanderi, mengatakan kegiatan tersebut dilaksanakan sejak 16 hingga 18 April 2014 yang diikuti oleh 70 pengelola dan pendidik PAUD.

Ia mengatakan kegiatan tersebut ditujukan untuk meningkatkan kualitas tenaga pendidik di Kota Pariaman dalam rangka mentransformasikan ilmu ke anak didik.

Hingga saat ini total terdapat 103 lembaga pendidikan PAUD di Kota Pariaman, satu di antaranya merupakan berstatus negeri, kata dia. (*)
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar