Delapan kampung KB dimiliki Kabupaten Bangka

id KB

Keluarga Berencana (KB)

pembentukan Kampung KB di Bangka di antaranya bertujuan meningkatkan sinergi keserasian dan keterpaduan antara pengelola program dan mitra kerja dalam penyediaan dan pemanfaatan data di kampung
Sungailiat, Babel, (Antaranews Sumbar) - Delapan kampung Keluarga Berencana (KB) dimiliki Kabupaten Bangka hingga tahnun 2018, berdasarkan data Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak kabupaten setempat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

"Delapan Kampung KB ini tersebar pada delapan kecamatan di Bangka," ujar Pelaksana tugas Kepala Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Bangka, Boy Yandra di Sungailiat, Minggu.

Dia menambahkan pembentukan Kampung KB di Bangka di antaranya bertujuan meningkatkan sinergi keserasian dan keterpaduan antara pengelola program dan mitra kerja dalam penyediaan dan pemanfaatan data di kampung.

Menurut dia, Kampung KB menyediakan data yang akurat untuk intervensi permasalahan kependudukan KB dan pembangunan keluarga serta pembangunan sektor lain di kampung KB.

"Selain itu, meningkatkan peran pemerintah, lembaga nonpemerintah dan swasta dalam memfasilitasi melakukan pendampingan dan pembinaan kepada masyarakat agar turut berperan serta aktif dalam program pembangunan," lanjutnya.

Dia mengharapkan Pemkab Bangka dapat memfasilitasi rumah data dengan mebel dan alat penunjang kegiatan di rumah data.

Ke depannya rumah data di Kampung KB dapat menjadi suatu inovasi strategis dalam penguatan Program Keluarga Berencana Keluarga Sejahtera dan pembangunan sektor terkait di seluruh tingkatan wilayah.

"Kampung KB merupakan suatu langkah implementasi kegiatan prioritas yang memiliki daya ungkit terhadap upaya pencapaian target sasaran yang telah ditetapkan, serta untuk memperluas cakupan penggarapan Program KBKS yang dapat diterima manfaatnya secara langsung oleh masyarakat," jelas Yandra.(*)
Pewarta :
Editor: Hendra Agusta
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar