Tingkatkan kemampuan masyarakat, Dharmasraya beri pelatihan kerja

id Pelatihan Kerja Dharmasraya

Tingkatkan kemampuan masyarakat, Dharmasraya beri pelatihan kerja

Sekretaris Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Dharmasraya, Yefrinaldi. (ANTARA SUMBAR/Ilka Jensen)

Pulau Punjung, (Antaranews Sumbar) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Dharmasraya, Sumatera Barat (Sumbar) melalui balai latihan kerja (BLK) Sungai Dareh telah melaksanakan 16 paket pelatihan berbasis kompetensi untuk para pencari kerja hingga Maret 2018.

"Pelatihan ini sudah dilaksanakan dan terbagi ke dua gelombang, gelombang pertama sudah selesai dan ditutup 9 Maret lalu, sedangkan gelombang kedua saat ini sedang berjalan," kata Sekretaris Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Dharmasraya, Yefrinaldi di Pulau Punjung, Rabu.

Ia mengatakan peserta pelatihan berjumalah 256 terbagi untuk gelombang pertama 128 peserta dan gelombang kedua 128. Sedangkang paket pelatihan dibagi masing-masing delapan paket.

Dari delapan paket tersebut, lanjutnya empat peket pelatihan pada gelombag pertama dilaksanakan uji kompetensi diikuti 61 peserta dan dinyatakan lulus sebanyak 34 peserta.

"Peserta yang lulus kompetensi diantaranya bidang menjahit tiga peserta, bidang mekanik 12 peserta, bidang las 14 peserta, dan komputer lima peserta," ujarnya.

Ia menjelaskan peserta yang memilik sertifikat lulus kompetensi memilik nilai tawar lebih dibandingkan peserta yang hanya mengikuti pelatihan, sebab perusahaan akan melihat itu sebagai syarat utama dalam melamar kerja.

"Sama-sama mendapatkan sertifikat, yang membedakan hanya sertifikat pelatihan dan sertifikat kompetensi. Kalau yang berkompetensi telah diuji tim dari balai latihan kerja provinsi," ujarnya.

Pemerintah setempat pada 2018 menyiapkan 36 paket pelatihan berbasis kompetensi untuk para pencari kerja, kata dia dibagi menjadi lima gelombang.

Diharapkan melalui pelatihan nantinya akan melahirkan tenaga kerja profesional melalui kecakapan, keahlian, sikap, dan moralitas.

"Kita terus berupaya menekan angka pengangguran di daerah, salah satunya membekali generasi muda dengan keterampilan melalui pelatihan," tambahnya. (*)