Kepala daerah ideal tak jadikan rakyat komoditas

id Mahyudin

Kepala daerah ideal tak jadikan rakyat komoditas

Wakil Ketua MPR RI Mahyudin (ANTARA FOTO)

Samarinda, (Antaranews Sumbar) - Wakil Ketua MPR RI Mahyudin mengatakan kepala daerah ideal tak akan memperlakukan rakyatnya sebagai komoditas.

"Seorang kepala daerah yang ideal harus ada dalam dirinya cinta kepada rakyat, jangan menjadikan rakyat hanya komoditas, hanya dilihat sebagai persentase jumlah pemilih sehingga rakyat akan diingat ketika belum jadi, tapi kemudian tidak peduli bahkan menjaga jarak ketika sudah jadi," katanya di Samarinda, Kalimantan Timur, Rabu.

Ditemui usai menjadi pembicara dalam Roadshow Seminar Motivasi Kami Indonesia di Universitas Mulawarman, Mahyudin mengatakan seorang kepala daerah ideal murni menjabat untuk memajukan daerahnya, mencerdaskan rakyatnya, serta menyejahterakan rakyatnya.

"Tidak ada misi yang lain apalagi hanya memikirkan kekayaan materi," kata mantan Bupati Kutai Timur itu.

Pemimpin daerah yang ideal, lanjut dia, juga selalu membuka pintu rumahnya untuk rakyat, selalu mendengar setiap keluhan dan aspirasi rakyatnya.

"Tidak membuka jarak dan membuat barikade antara dia dan rakyat," kata politikus Partai Golkar yang merupakan putra asli Kalimantan itu.

Ia berharap dalam pilkada serentak tahun ini muncul pemimpin daerah ideal sesuai harapan rakyat.

Ia mengatakan jika pemimpin ideal seperti itu muncul maka akan turun berkah dari langit sehingga daerah tersebut akan maju dan rakyat akan sejahtera serta bahagia.

"Pada akhirnya akan muncul pemimpin nasional yang idealis dan mampu membangun negara Indonesia dan mampu membangun serta menyejahterakan rakyatnya secara keseluruhan," katanya. (*)