Tumbuhkan usaha baru di daerah, Kemenaker berikan pelatihan kewirausahaan di Pariaman

id pelatihan kewirausahaan

Tumbuhkan usaha baru di daerah, Kemenaker berikan pelatihan kewirausahaan di Pariaman

Wali Kota Pariaman Mukhlis Rahman (baju putih) berfoto bersama dengan peserta pelatihan kewirausahaan yang digelar Kemenaker, Selasa (10/4). (Antara Sumbar/Muhammad Zulfikar)

Setelah pelatihan kewirausahaan ini, masyarakat khususnya peserta diharapkan bisa mandiri dan membuka lapangan pekerjaan sesuai ilmu yang telah diperoleh
Pariaman, (Antaranews Sumbar) - Balai Besar Peningkatan Produktivitas (BBPP) Direktorat Jenderal Pembinaan Produktivitas Kementerian Tenaga Kerja (Kemenaker) memberikan pelatihan kewirausahaan bagi masyarakat di Kota Pariaman, Sumatera Barat.

"Pelatihan ini merupakan program dari pemerintah pusat melibatkan 13 kementerian terkait dengan tujuan menumbuhkan usaha-usaha baru di tengah masyarakat," kata Kepala Bidang Penyelenggaraan dan Pemberdayaan Balai Besar Peningkatan Produktivitas Direktorat Jenderal Pembinaan Produktivitas Kemenaker RI, Yon Hendri di Pariaman, Selasa.

Ia mengatakan kegiatan tersebut dilaksanakan selama empat hari 10 hingga 13 April 2018 melibatkan 50 peserta dari perwakilan Desa Sikapak Barat dan Desa Tungkal Kecamatan Pariaman Timur.

Seluruh peserta katanya, akan dibekali materi dan praktek kerja tentang wirausaha tata boga dan sablon. Setelah itu diharapkan mereka mampu mengembangkan ke dunia bisnis untuk meningkatkan ekonominya.

"Setelah pelatihan kewirausahaan ini, masyarakat khususnya peserta diharapkan bisa mandiri dan membuka lapangan pekerjaan sesuai ilmu yang telah diperoleh," ujar dia.

Secara nasional ujar dia, pemerintah melalui kementerian terkait akan melakukan pelatihan kewirausahaan sebanyak 600 paket. Khusus di Sumatera Barat telah dilatih 176 peserta atau tujuh paket, di antaranya dari daerah Agam, Kota Padang, Kota Pariaman dan selanjutnya Kabupaten Padang Pariaman setelah Kota Pariaman selesai.

"Anggaran untuk pelatihan ini terbatas sehingga kementerian harus bisa memilih daerah sasaran, namun kegiatan ini dilaksanakan hingga Indonesia bagian Timur," ujar dia.

Sementara itu Wali Kota Pariaman Mukhlis Rahman mengatakan pelatihan kewirausahaan tersebut merupakan salah satu upaya pemerintah untuk menekan angka pengangguran di Indonesia.

Secara nasional pemerintah memiliki berbagai upaya menekan angka pengangguran, khusus Kota Pariaman langkah tersebut juga dilakukan salah satunya melalui Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah, ujar dia.

"Ada banyak pelatihan yang diberikan pemerintah daerah seperti melatih masyarakat tentang kerajinan sulaman, bordir, rajutan dan lain sebagainya," kata dia.

Pihaknya meminta setiap peserta mampu mengaplikasikan ilmu dari pelatihan tersebut untuk membuka usaha bisnis sesuai materi yang diberikan. (*)