Padang dorong organisasi pemuda karang taruna berperan bentuk generasi emas

id Karang taruna

Padang dorong organisasi pemuda karang taruna berperan bentuk generasi emas

Karang taruna. (cc)

Beberapa contoh Karang Taruna di kelurahan sudah bergerak ke arah itu, tinggal konsistensi dan komitmen
Padang, (Antaranews Sumbar) - Pemerintah Kota Padang, Sumbar mengupayakan organisasi pemuda Karang Taruna berperan aktif membentuk generasi emas di "Kota Bengkuang" tersebut.

"Sebagian besar anggota Karang Taruna memiliki pemikiran produktif dan tepat serta cerdas dalam bersikap, ini yang akan didorong," kata Kepala Dinas Sosial Padang, Amasrul di Padang, Selasa.

Dia menjelaskan Karang Taruna sebagai salah satu wadah pengembangan pemuda tentu memegang peranan penting dalam membina anggota ke arah generasi emas tersebut.

Artinya Karang Taruna mampu menjadikan anggota sekaligus menginisiasi pemuda lainnya sebagai individu yang berprestasi, bertakwa, serta berdaya saing.

Kunci berdaya saing itulah, katanya, yang perlu diperkuat oleh Karang Taruna pada masa depan, khususnya berorientasi pada pembangunan dan kesejahteraan masyarakat.

"Beberapa contoh Karang Taruna di kelurahan sudah bergerak ke arah itu, tinggal konsistensi dan komitmen," ujar dia.

Dia mencontohkan Karang Taruna di salah satu kelurahan di Kecamatan Lubuk Begalung dalam menginisiasi bantuan bagi penderita kanker.

Program itu harus terus berlanjut meski nantinya ada pergantian kepengurusan.

Hal yang sama juga bagi Karang Taruna di Banda Buek yang menginisiasi pembaca dan pelayanan penyakit, Karang Taruna di Tabing yang berinisiasi menanam cabai di lahan kosong.

Ia mengatakan program dari Karang Taruna di Padang semuanya perlu keberlanjutan dan pengembangan.

"Bisa saja nantinya menjadi cikal bakal munculnya individu yang ahli di bidang tersebut," kata dia.

Tujuan pemerintah Indonesia mewujudkan pemuda sebagai generasi emas pada 2040, katanya, dapat dilakukan oleh Karang Taruna tersebut.

Terlebih, katanya, saat ini telah terbentuk kepengurusan baru di Padang 2017 hingga 2022.

Dengan berkoordinasi dengan Karang Taruna di kelurahan dan kecamatan, katanya, dapat menciptakan beragam program berkelanjutan yang mengakomodasi potensi pemuda dan berorientasi kesejahteraan.

"Pemerintah tentu akan mendukung dalam hal pembinaan dan sosialisasi rutin untuk ke arah tersebut," katanya.

Sebagai contoh, katanya, program menciptakan 10.000 wirausahawan baru merupakan bagian akomodasi pemda terhadap kreativitas pemuda.

Dari pembinaan Karang Taruna, katanya, juga tentu akan muncul wirausahawan baru yang dapat menyediakan lapangan kerja baru bagi masyarakat. (*)