Hendrajoni inginkan O2SN lahirkan atlet berprestasi

id O2SN Pesisir Selatan,O2SN lahirkan atlet berprestasi,Hendrajoni

Hendrajoni inginkan O2SN lahirkan atlet berprestasi

Keterangan foto: Bupati Pesisir Selatan, Hendrajoni memberikan sambutan pada pembukaan O2SN tingkat kabupaten. (ANTARA SUMBAR / Didi Someldi Putra)

Painan, (Antaranews Sumbar) - Bupati Pesisir Selatan, Sumatera Barat, Hendrajoni menginginkan Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) tingkat kabupaten setempat pada 9-11 April 2018 mampu melahirkan atlet berprestasi yang akan mengharumkan nama daerah.

"O2SN merupakan sarana yang ideal dalam menjaring atlet masa depan, dan saya mengajak peserta dan dewan juri menjunjung tinggi sportifitas selama pertandingan," kata Hendrajoni usai membuka kegiatan tersebut di Painan, Senin.

Dengan menjunjung sportivitas, tambahnya, maka tidak ada unsur kekerabatan, kedekatan serta lainnya ketika dewan juri memberikan poin namun pemberian poin berdasarkan kemampuan yang dimiliki masing-masing peserta.

Menurutnya, pada O2SN 2017 terdapat dua pelajar asal daerah itu yang mewakili provinsi setempat berlaga di O2SN tingkat nasional.

Keduanya merupakan pelajar SDN 01 Koto Nan Ampek Ranah Pesisir dan SMPN 2 Lengayang, masing-masing maju di cabang karate putri dan atletik putra.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan setempat, Zulkifli menyebutkan O2SN merupakan kegiatan rutin yang digelar setiap tahunnya.

Ia menyebutkan pada 23-27 April 2018 akan digelar O2SN tingkat provinsi dan selanjutnya pada 16-22 September 2018 akan digelar O2SN tingkat nasional di Yogyakarta.

Beberapa tujuan kegiatan tersebut diantaranya mengembangkan bakat dan minat pelajar di bidang olahraga, membina serta mempersiapkan olahragawan tingkat kabupaten, provinsi hingga nasional.

Berikutnya, menumbuhkan jiwa sportifitas, kompetitif, rasa percaya diri dan tanggung jawab, mengembangkan budaya hidup sehat dan gemar berolahraga, persahabatan dan cinta tanah air.

Beberapa cabang olahraga yang dipertandingkan pada O2SN ialah atletik, senam, renang, bulutangkis, pencak silat dan karate, peserta yang mengikutinya terdiri dari tingkat sekolah dasar berjumlah 180 pelajar dan sekolah menengah pertama berjumlah 150 pelajar.

Sementara itu, Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pesisir Selatan, Zul Akhiar mendukung penuh pelaksanaan O2SN dan mendorong agar seluruh pihak yang terlibat menjunjung tinggi sportifitas dan tidak menciderainya.

"Kami bertekad untuk melahirkan atlet-atlet berprestasi salah satunya dengan menggelar pekan olahraga tingkat kabupaten dalam waktu dekat dan kami berharap O2SN ini menjadi ajang bagi adik-adik yang nantinya akan ikutserta," sebutnya. (*)