Antisipasi kenaikan harga menjelang Ramadan, Kemendag pantau harga dan ketersediaan bahan pangan

id Kemendag pantau harga pangan di Bukittinggi,Kenaikan Harga Pangan jelang Ramadhan

Antisipasi kenaikan harga menjelang Ramadan, Kemendag pantau harga dan ketersediaan bahan pangan

Kemendag memantau ketersedian dan harga sejumlah kebutuhan pokok di Bukittinggi jelang Ramadhan,Senin(9/4). (ANTARA SUMBAR/ Ira Febrianti)

Bukittinggi, (Antaranews Sumbar) - Kementerian Perdagangan memantau ketersediaan dan harga kebutuhan pokok ke pasar tradisional dan swalayan yang ada di Kota Bukittinggi, Senin.

"Jelang Ramadhan, kami ingin memastikan ke daerah-daerah bagaimana ketersediaan bahan pokok dan kondisi harganya mesti stabil dan dijual sesuai harga eceran tertinggi (HET)," kata Staf Ahli Bidang Perdagangan Internasioanl Kemendag, Dody Edward di Bukittinggi, Senin.

Ia menilai jelang Ramadhan dan Idul Fitri biasanya ada kecenderungan peningkatan konsumsi dan sudah menjadi tugas pemerintah untuk memantau dan menyosialisasikan bahwa pasokan aman.

"Kami tidak ingin nanti ada 'panic buying' karena sebenarnya barang itu ada, makanya kami pastikan dengan pantauan langsung ke lapangan. Bila nanti memang ada gejolak harga akan ada upaya khusus mencegahnya, misalnya melalui Bulog yang menyalurkan beras ketika ada kenaikan harga," katanya.

Usai pantauan ke pasar modern dan tradisional, pihaknya selanjutnya akan menggelar rapat koordinasi dengan instansi terkait se-Sumbar untuk informasi kebutuhan dan ketersediaan pasokan bahan pokok serta harganya.

Dari pantauan yang dilakukan di Bukittinggi, menurutnya secara keseluruhan harga masih dalam kondisi stabil meski beberapa komoditas menunjukkan kenaikan.

Harga sejumlah bahan kebutuhan pokok di Pasar Bawah pada Senin pukul 15.00 WIB yaitu bawang merah seharga Rp33.000 sampai Rp36.000 per kilogram, bawang putih Rp32.000 sampai Rp35.000 per kilogram, cabai merah Rp40.000 sampai Rp45.000 per kilogram.

Beras Rp9.850 sampai Rp11.500 per kilogram, daging Rp130.000 per kilogram, ayam Rp30.000 sampai Rp45.000 per ekor, minyak goreng Rp10.000 sampai Rp11.500 per kilogram dan tepung terigu Rp7.500 per kilogram. (*)