BPBD Agam Imbau Pengendara Waspada Pohon Tumbang

id Pohon tumbang

BPBD Agam Imbau Pengendara Waspada Pohon Tumbang

Anggota Satpol PP Damkar Kabupaten Agam, sedang membersihkan pohon tumbang yang menghalangi ruas jalan penghubung Bukittinggi menuju Payakumbuh tempatnya di Koto Hilang, Kecamatan Canduang, Minggu (8/4). Yusrizal (Yusrizal)

Lubukbasung, (Antaranews Sumbar) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Agam, Sumatera Barat, mengimbau pengendara untuk meningkatkan kewaspadaan saat melewati ruas jalan yang banyak pohon ketika hujan disertai angin kencang melanda daerah itu.

"Pengendara diminta untuk berhenti melewati pohon saat hujan disertai angin kencang agar tidak menjadi korban," kata Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Agam, Wahyu Bestari di Lubukbasung, Minggu.

Ia mengatakan, ruas jalan yang rawan pohon tumbang berada disepanjang Kelok 44, Palembayan, Palupuh, Canduang, Malalak, Baso dan lainnya.

Pada Minggu (8/4) pukul 05:00 WIB, pohon tumbang terjadi diruas jalan lintas Bukittinggi menghubungkan Payakumbuh tempatnya di Koto Hilang, Kecamatan Canduang.

Akibatnya, pohon tumbang menutupi ruas jalan tersebut dan jalan bisa dilewati secara buka tutup, sehingga terjadi kemacetan sekitar setengah kilometer.

Material pohon telah dibersihkan BPBD, Satpol PP Damkar, PMI, pegawai kecamatan dan pegawai nagari.

"Jalan kembali normal sekitar pukul 07:17 WIB," katanya.

Untuk meminimalisir pohon tumbang, BPBD Agam menurunkan tim untuk membersihkan ranting dan pohon yang sudah tua di sepanjang ruas jalan Kelok 44 pada Selasa (3/4).

Selain itu, memberikan surat edaran ke warga untuk memotong pohon yang sudah tua di sekitar rumah warga.

Ini dalam rangka agar tidak ada lagi rumah yang tertimpa pohon seperti di Balai Badak, Nagari Batu Kambing, Kecamatan Ampeknagari, Selasa (20/3).

Akibat kejadian itu, satu warga meninggal dunia dan tiga orang luka ringan.

"Untuk memotong pohon itu, kita siap membantu warga dengan menurunkan tim beserta alat pemotong kayu," katanya.

Wakil Ketua DPD Lembaga Sosial Masyarakat Topan Republik Indonesia Kabupaten Agam, Joni Efendi memberikan apresiasi kepada BPBD setempat yang telah menurunkan tim untuk memberikan ranting dan pohon yang sudah tua.

Selain itu, membantu warga untuk memberikan pohon di sekitar rumah agar rumah dan warga terhindar dari bencana pohon tumbang.

"Kita berharap program ini dilakukan di seluruh daerah di Agam," katanya. (*)