Tingkatkan minat baca masyarakat, Pemkab Solok gelar road show perpustakaan keliling kabupaten

id perpustakaan keliling

Tingkatkan minat baca masyarakat, Pemkab Solok gelar road show perpustakaan keliling kabupaten

Bupati Solok Gusmal melepas mobil pustaka keliling di Arosuka, Jumat (6/4). (Antara Sumbar/Tri Asmaini)

Biasanya kita hanya punya beberapa mobil perpustakaan keliling yang tidak cukup untuk menjelajahi semua daerah Solok, sekarang dengan bantuan daerah lain, akan ada 12 mobil
Arosuka, (Antaranews Sumbar) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Solok, Sumatera Barat menggelar "road show" perpustakaan keliling se Kabupaten Solok untuk meningkatkan minat baca masyarakat dan memeriahkan HUT Kabupaten ke-105 di Arosuka.

Bupati Solok Gusmal di Arosuka, Jumat saat melepas mobil pustaka keliling mengatakan pada tahap awal mobil akan diturunkan ke nagari-nagari di kecamatan Gunung Talang, dan akan menyebar ke wilayah lain di Solok

"Biasanya kita hanya punya beberapa mobil perpustakaan keliling yang tidak cukup untuk menjelajahi semua daerah Solok, sekarang dengan bantuan daerah lain, akan ada 12 mobil," katanya.

Ia mengatakan buku merupakan sarana untuk mentransfer ilmu dari berbagai bidang. Semakin tinggi pemahaman dan literasi masyarakat akan semakin meningkatkan diri dari pengaruh berita hoaks atau bohong.

"Masyarakat yang cerdas adalah yang mau membaca, meneliti dan mencari tahu informasi yang diterima sehingga tidak mudah terbawa arus," katanya.

Apalagi, lanjutnya zaman sekarang banyak berita atau informasi yang keliru beredar di masyarakat, jika tidak mencari tahu dan membaca tentu akan mudah terprovokasi.

Ia berpesan setiap lapisan masyarakat hendaknya memiliki pengetahuan dan ilmu sesuai dengan bidang kerja dan profesi masing-masing yang harus ditingkatkan dengan sering membaca.

Ia berharap perpustakaan keliling ini bisa memberikan kemudahan dan manfaat bagi masyarakat dan semakin menambah minat baca di daerah tersebut.

Jumlah mobil pustaka keliling sebanyak 12 buah yang berasal dari berbagai daerah di Provinsi Sumbar.

Acara juga dihadiri Wakil Bupati Solok Yulfadri Nurdin, Sekda Kabupaten Solok Aswirman, Dandim 0309 Solok Letkol Priyo Iswahyudi, Forkopimda dan Kabid Pengeloaan Perpustakaan Kabupaten Solok. (*)