Sistem logistik kurang optimal sebabkan harga produk pertanian mahal

id Produk pertanian

Sistem logistik kurang optimal sebabkan harga produk pertanian mahal

Produk pertanian (pixabay.com)

selain infrastruktur, sistem rantai dingin (cold chain) dan juga rantai pasok (supply chain) produk pertanian juga perlu diperbaiki
Jakarta, (Antaranews Sumbar) - Sistem manajemen logistik yang kurang optimal menjadi alah satu penyebab harga produk pertanian menjadi mahal, kata Rektor Universitas Trilogi Dr Aam Bastaman.

"Selain infrastrukturnya yang masih berkembang, manajemen logistik dan komponen lainnya juga mempengaruhi harga logistik sehingga perlu diperbaiki," ujarnya di Jakarta, Jumat.

Dia menambahkan selain infrastruktur, sistem rantai dingin (cold chain) dan juga rantai pasok (supply chain) produk pertanian juga perlu diperbaiki.

"Kesegaran produk menjadi hal penting yang perlu diperhatikan pada produk pertanian. Indonesia berpeluang menjadi pusat industri rantai dingin mengingat besarnya pemisah antara kebutuhan dan daya tampung," jelas dia.

Rantai dingin merupakan rantai pasok pada barang-barang yang memerlukan sistem pendingin pada proses logistiknya, lanjutnya.

Dia mengemukakan perlu upaya serius agar kesegaran produk pertanian mulai dari lahan pertanian hingga terhidang di meja tetap terjaga.

"Apakah dari sisi kesegaran produknya ataupun keamanan pangannya. Pemenuhan ini bukan hanya untuk masyarakat tetapi kebutuhan masyarakat secara global," tukas Aam.

Dekan Fakultas Pertanian Universitas Gadjah Mada (UGM) Prof Ali Agus menyebutkan selain perbaikan manajemen logistik, juga perlu sistem pertanian terpadu, untuk memperpanjang siklus biologis dengan mengoptimalkan pemanfaatan hasil samping pertanian dan peternakan.

"Yaitu setiap mata rantai siklus menghasilkan produk baru yang memiliki nilai ekonomis. Baik keterpaduan pelaku, komoditas, maupun pengorganisasian," ujar Ali.(*)