Rumah nelayan di Painan masuk tahap pembangunan drainase, target selesai tahun ini

id rumah nelayan miskin,rumah nelayan painan,kemepupera

Rumah nelayan di Painan masuk tahap pembangunan drainase, target selesai tahun ini

Ilustrasi - (ANTARA FOTO/Yusuf Nugroho/pd/1)

Painan, (Antaranews Sumbar) - Pembangunan 50 unit rumah bagi nelayan berpenghasilan rendah di Painan, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat masuk tahap pembangunan drainase dan juga jalan lingkar yang ditargetkan selesai tahun ini.

Kepala Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Pertanahan setempat, Mukhridal di Painan, Kamis, menyebutkan mendukung kegiatan itu pemerintah pusat melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat menganggarkan Rp870 juta.

Secara teknis pembangunan rumah bantuan yang dibangun di Muara Painan itu telah tuntas hanya menunggu pembangunan drainase dan jalan lingkar, jika tuntas maka segera diserahkan kepada nelayan miskin.

Terkait penyerahan rumah itu, pihaknya akan membentuk tim yang terdiri dari pejabat pemerintah nagari dan pemerintah kabupaten dengan harapan tidak terjadi gesekan antar nelayan.

Ia menambahkan pembangunan per unit rumah dianggarkan Rp120 juta dan akan sangat layak bagi nelayan yang akan menempatinya.

"Siapapun pasti ingin menempati rumah tersebut apalagi letaknya tidak jauh dari permukiman nelayan serta mudah dijangkau. Untuk itu kami akan menyiapkan tim guna meminimalkan risiko gesekan," ujarnya.

Kepada nelayan setempat pihaknya juga telah mewanti-wanti agar mereka tidak terpengaruh iming-iming yang ditawarkan pelbagai pihak yang mengaku bisa menjamin mereka mendapat rumah bantuan itu.

"Hingga sekarang kami menegaskan bahwa tim penyerahan rumah belum terbentuk dan nelayan harus waspada apalagi jika ada yang meminta uang, itu tidak benar," sebutnya.

Agar lebih akurat pihaknya membuka diri bagi nelayan yang ingin berkonsultasi, sehingga tidak ada pihak yang memanfaatkan kesempatan untuk mendapatkan keuntungan pribadi.

"Silahkan hubungi atau datang ke kantor kami akan menjelaskan progres program tersebut secara rinci," ujarnya.