Rupiah Kamis pagi melemah tiga poin

id Rupiah melemah,Kurs Rupiah

Rupiah Kamis pagi melemah tiga poin

(ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/foc/18./)

Jakarta, (Antaranews Sumbar) - Nilai tukar rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta, pada Kamis pagi bergerak melemah sebesar tiga poin menjadi Rp13.757 dibanding posisi sebelumnya Rp13.754 per dolar AS.

"Nilai tukar rupiah melemah terhadap dolar AS, namun fluktuasinya relatif masih stabil," kata analis Binaartha Sekuritas Reza Priyambada di Jakarta, Kamis.

Menurut dia, pergerakan nilai tukar rupiah masih dibayangi kekhawatiran perang dagang antara Amerika Serikat dengan Tiongkok. Kondisi itu juga mempengaruhi pergerakan mata uang di negara berkembang lainnya.

"Sejumlah mata uang negara berkembang juga cenderung tertahan, termasuk rupiah," katanya.

Meski demikian, lanjut dia, ruang bagi rupiah untuk kembali terapresiasi masih cukup terbuka seiring dengan kondisi fundamental ekonomi Indonesia yang kondusif. Di sisi lain, Bank Indonesia juga menjaga stabilitas rupiah sesuai dengan fundamentalnya.

"Rupiah diestimasikan akan bergerak dengan kisaran pada kisaran Rp13.759-Rp13.775 per dolar AS pada hari ini (5/4)," katanya.

Pengamat pasar uang Bank Woori Saudara Indonesia Tbk Rully Nova menambahkan bahwa arah kebijakan The Fed terhadap suku bunganya juga masih membayangi pergerakan mata uang di negara berkembang, termasuk rupiah.

"Masih adanya sinyal kenaikan The Fed beberapa kali pada tahun ini masih mempengaruhi pergerakan rupiah," katanya. (*)