427 warga Pesisir Selatan bertarung ingin menjadi walinagari

id Pilwana Pesisir Selatan

427 warga Pesisir Selatan bertarung ingin menjadi walinagari

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Pemerintah Nagari, KB dan Pemberdayaan Perempuan setempat, Hamdi. (ANTARA SUMBAR/Istimewa/)

Painan, (Antaranews Sumbar) - Sebanyak 427 orang mengikuti proses sebagai kandidat pada pemilihan wali nagari (pilwana) di Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat yang dilaksanakan pada 3 Mei 2018 di 105 nagari.

"Dari 427 kandidat tersebut, 131 orang diantaranya akan mengikuti tes kompetensi dasar karena mereka berasal dari 19 nagari yang jumlah kandidatnya lebih dari lima orang," kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Pemerintah Nagari, KB dan Pemberdayaan Perempuan setempat, Hamdi di Painan, Rabu.

Tes kompetensi dasar akan dilaksanakan 7 April 2018 yang berlokasi di Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Sago, Kecamatan IV Jurai, daerah setempat.

"Tes kompetensi dasar akan menyisakan lima kandidat dan merekalah yang akan mendapatkan nomor urut pemilihan di nagarinya masing-masing," sebutnya.

Ia menambahkan materi uji pada tes tersebut diantaranya Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, pemerintahan desa, tentang adat istiadat, dan juga pengetahuan umum.

"Pada pelaksanaan tes kami bekerjasama dengan Lembaga Pengembangan Masyarakat Universitas Andalas (Unand)," ungkapnya.

Dari 427 orang akan mengikuti pilwana 19 orang diantaranya merupakan perempuan dan jumlah tersebut katanya menunjukkan indikator yang baik terhadap peran perempuan dalam pemilihan pemimpin di tingkat nagari.

Menyukseskan kegiatan itu daerah setempat mengucurkan anggaran Rp800 juta dan jika terdapat kekurangan anggaran maka disiasati dengan anggaran yang tersedia di masing-masing nagari.

Sementara pemilihan wali nagari masih dilakukan secara manual karena keterbatasan sarana penunjang.

"Di daerah lain di Sumbar seperti di Kabupaten Agam memang pemilihan wali nagari telah dengan e-voting, mudah-mudahan pada pemilihan berikutnya bisa dilaksanakan," kata dia. (*)