Kopertis X sebut Simkatmawa akan dapat meningkatkan prestasi mahasiswa

id Herri

Kopertis X sebut Simkatmawa akan dapat meningkatkan prestasi mahasiswa

Koordinator Kopertis X Prof Herri sedang memberikan arahan kepada peserta sosialisasi program Simkatmawa. (ist)

Khusus swasta di Sumbar, Riau, Jambi dan Kepulauan Riau harus memanfaatkan sistem ini secara maksimal untuk menggenjot kualitas di tingkat nasional
Padang, (Antaranews Sumbar) - Koordinator Kopertis wilayah X Prof Herri mengatakan Sistem Manajemen Pemeringkatan Mahasiswa (Simkatmawa) yang tengah disosialisasikan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi berpotensi meningkatkan prestasi mahasiswa di dalam maupun luar kampus.

"Dengan adanya persaingan tersebut, kampus akan lebih giat mengawasi sekaligus mendorong mahasiswa memunculkan kemampuannya dalam kegiatan," ujarnya di Padang, Rabu.

Terlebih, kata dia sistem ini akan dimasukkan ke dalam komponen dalam klasterisasi atau pemeringkatan perguruan tinggi dengan proporsi sebanyak 12 persen.

Dalam hal ini pemeringkatan mahasiswa tersebut terdiri atas 15 persen aspek institusi kemahasiswaan, 5 persen kategori lomba, 30 persen kegiatan ekstrakurikuler, dan selebihnya prestasi baik lokal dan nasional.

Dengan begitu kampus swasta dan negeri akan berlomba menyiapkan mahasiswanya untuk berprestasi dalam segala bidang.

Karena prestasi mahasiswa akan menentukan bagus atau tidaknya suatu kampus di mata masyarakat.

"Khusus swasta di Sumbar, Riau, Jambi dan Kepulauan Riau harus memanfaatkan sistem ini secara maksimal untuk menggenjot kualitas di tingkat nasional," jelas dia.

Dalam hal ini Kopertis telah melakukan sosialisasi kepada kampus dan juga melakukan simulasi terkait sistem tersebut.

Diharapkan dampak positifnya segera terasa baik di bidang penalaran, kreativitas, olahraga, seni, bakat dan kewirausahaan di kalangan mahasiswa.

Senada itu Kemenristekdikti melalui Kasubdit Penalaran dan Kreativitas Dirjen Kemahasiswaan Misbah Fikriyanto mengatakan Simkatmawa ini untuk mendorong kampus melaporkan kegiatan kemahasiswaan setiap periode.

Selama ini, katanya kegiatan kemahasiswaan cukup banyak namun tidak dilaporkan sehingga tidak dapat dipantau prestasinya.

Dia berharap sistem ini memancing kampus berbuat lebih untuk meningkatkan prestasi mahasiswa.(*)