56 Bumnag Pesisir Selatan diusulkan peroleh bantuan tambahan modal

id BUMNag Pesisir Selatan

56 Bumnag Pesisir Selatan diusulkan peroleh bantuan tambahan modal

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Pemerintah Nagari, KB dan Pemberdayaan Perempuan setempat, Hamdi. (ANTARA SUMBAR/Istimewa)

Painan, (Antaranews Sumbar) - Pejabat Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan menyebutkan pihaknya mengusulkan 56 Badan Usaha Milik Nagari atau BUMNag sebagai penerima bantuan dari pemerintah provinsi Sumatera Barat dan juga Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi pada 2018.

"Sesuai rencana masing-masing BUMNag akan menerima bantuan Rp50 juta namun kami belum mendapat informasi berapa unit yang akan dibantu," kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Pemerintah Nagari, KB dan Pemberdayaan Perempuan setempat, Hamdi di Painan, Senin.

Bantuan tersebut, tambahnya dimaksudkan untuk memperkuat modal bagi masing-masing BUMNag dalam mengembangkan usahanya.

"Memang bantuan pengembangan usaha untuk BUMNag bisa mencapai ratusan juta baik yang bersumber dari daerah ataupun pusat, namun karena BUMNag di sini masih dalam tahap awal kesempatan untuk mendapatkan dana segar terus kami upayakan," ungkapnya.

Berbeda jika BUMNag telah berkembang pesat maka pemerintah kabupaten tidak perlu lagi mencari peluang untuk penambahan modal bahkan sebaliknya BUMNag bisa diandalkan untuk menyejahterakan masyarakat di sebuah nagari hingga meningkatkan Pendapatan Asli Nagari.

Sebelumnya, awal Januari 2018 sebanyak 15 BUMNag di daerah setempat mendapat kucuran dana stimulan masing-masing Rp50 juta dari Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi untuk penambahan modal usahanya.

BUMNag yang mendapat dana stimulan itu adalah Sabai Nan Alui, Nagari Kapuh, Baringin Nan Tigo, Nagari Koto Berapak, Lansano Mandiri Saiyo, Nagari Lansano, Kambang Maju Bersama, Nagari Kambang.

Selanjutnya, Air Haji Sejahtera, Nagari Air Haji, Linggo Sepakat, Nagari Punggasan, Linggo Mandiri, Nagari Padang XI Punggasan, Cahayo Bintang Timur, Nagari Punggasan Timur, Tunas Baru, Nagari Inderapura Selatan.

Berikutnya, Lunang Saiyo Sakato, Nagari Lunang, Kembang Pulai Abadi, Nagari Sungai Pulai, Amanah, Nagari Sungai Sarik, Karya Bersama, Nagari Lubuk Bunta, Usaha Bersama, Nagari Durian Seribu, Air Hitam Bangkit, Nagari Air Hitam. (*)