Warga harapkan perbaikan jalan amblas di jalur Padang Pariaman-Agam

id jalan amblas

Warga harapkan perbaikan jalan amblas di jalur Padang Pariaman-Agam

Sejumlah warga membantu mengeluarkan motor yang jatuh di jalan amblas di Batu Mangaum, Nagari Kuranji Hulu, Kecamatan Sungai Geringging, Kabupaten Padang Pariaman, Minggu malam (2/4). (Antara Sumbar/Aadiat MS)

Terlebih di sekitar jalan amblas tersebut minim pencahayaan sehingga pengendara kesulitan untuk melihat jalan
Parit Malintang, (Antaranews Sumbar) - Warga di Kecamatan Sungai Geringging, Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat (Sumbar) mengharapkan pemerintah provinsi memperbaiki jalan di Batu Mangaum, Nagari Kuranji Hulu yang menghubungkan daerah itu dengan Agam yang amblas pada September 2017.

"Akibat tidak kunjung diperbaiki pengendara sepeda motor sering kecelakaan dan masuk ke dalam," kata tokoh pemuda setempat, Arisman (27) di Sungai Geringging, Senin.

Ia mengatakan apabila jalan tersebut tidak kunjung diperbaiki maka dikhawatirkan akan semakin banyak pengendara yang masuk ke dalam jurang dengan kedalaman sekitar delapan meter itu.

Apalagi jalan tersebut merupakan jalur yang ditempuh warga Agam di antaranya Lubuk Basung dan Maninjau untuk menuju Kota Pariaman dan Padang.

"Terlebih di sekitar jalan amblas tersebut minim pencahayaan sehingga pengendara kesulitan untuk melihat jala," katanya.

Selain jalan amblas, lanjutnya kondisi jalan mulai dari Pasar Sungai Limau hingga IV Koto Aur Malintang sudah banyak yang berlubang.

"Bahkan tidak sedikit pengendara yang mengalami kecelakaan akibat lubang-lubang tersebut," ujarnya.

Meskipun beberapa lubang ditambal warga dengan semen yang dananya secara swadaya, namun hal itu tidak bertahan lama.

Sejalan dengan itu, warga lainnya Tomi (23) berharap jalan tersebut segera diperbaiki karena apabila dibiarkan maka korban akan semakin bertambah.

Apalagi, katanya jalan yang amblas tersebut merupakan jalur vital untuk perekonomian warga Sungai Geringging dan Agam

Sementara itu, salah seorang pengendara asal Maninjau, Rudy (33ni) meminta Pemprov untuk segera memperbaiki jalan tersebut agar bisa dilewati dengan aman dan nyaman.

"Apalagi jalan tersebut merupakan jalur terdekat menuju Kota Padang," ujar dia. (*)