Sambut puasa, Pemkot Padang siapkan 260 pelaksana pesantren Ramadhan

id Jamilus

Sambut puasa, Pemkot Padang siapkan 260 pelaksana pesantren Ramadhan

Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Kota Padang, Jamilus. (Ist)

Sebanyak 260 orang itu telah ditunjuk dari sebelas kecamatan dan telah mengikuti pelatihan minggu lalu
Padang, (Antaranews Sumbar) - Pemerintah Kota Padang, Sumbar menyiapkan sebanyak 260 mentor atau panitia pelaksana untuk kegiatan pesantren Ramadhan 1439 Hijriyah yang dimulai Mei 2018.

"Sebanyak 260 orang itu telah ditunjuk dari sebelas kecamatan dan telah mengikuti pelatihan minggu lalu," kata Kepala Bagian Kesra Sekdakot Padang Jamilus di Padang, Senin.

Mentor yang disiapkan ini telah dilatih dan dibina terkait pengajaran materi yakni fikih, ibadah, akhlak dan tokoh Minangkabau.

Akan tetapi pada pelatihan lalu lebih ditekankan upaya menjadikan santri atau peserta didik lebih memahami materi dan mengaplikasikan dalam lingkungan.

Pada dasarnya pesantren di Padang tetap sama, menggantikan materi umum di sekolah dengan siraman rohani keislaman.

Akan tetapi setiap tahunnya dilakukan peningkatan kualitas pengajaran termasuk melakukan seleksi pendamping yang diarahkan pada masjid dan musala.

"Jumlah ini masih sementara mengingat keberadaan masjid dan musalla yang mencapai ribuan," ujar dia.

Dia menargetkan akan ada 800 lebih mentor yang dilatih sehingga seribu lebih dapat menjadi mentor saat pelaksanaan mendatang.

Dia menambahkan pada pesantren kali ini akan diikuti oleh siswa SD kelas IV, V, dan VI serta SMP sederajat kelas VII, VIII, IX.

Sedangkan SMA sederajat sesuai arahan pusat wewenangnya oleh pemerintah provinsi termasuk pesantren Ramadhan. (*)