Seekor buaya muara direlokasi BBKSDA Riau dari pemukiman warga

id buaya

Seekor buaya muara direlokasi BBKSDA Riau dari pemukiman warga

Ilustrasi buaya

Buaya itu saat ini sudah di dalam pengawaan kita di Kantor BBKSDA Pekenbaru
Pekanbaru, (Antaranews Sumbar) - Seekor buaya Muara (Crcodylus porosus) sepanjang dua meter direlokasi pihak Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau dari pemukiman masyarakat di Kabupaten Indragiri Hilir, setelah sebelumnya ditangkap warga setempat.

"Buaya itu saat ini sudah di dalam pengawaan kita di Kantor BBKSDA Pekenbaru," kata Kepala Bidang Wilayah I BBKSDA Riau, Mulyo Hutomo di Pekanbaru, Sabtu.

Ia menjelaskan buaya muara berusia empat tahun tersebut awalnya ditemukan masyarakat di selokan atau biasa disebut parit di Kelurahan Kempas Jaya, Kecamatan Kempas, Kabupaten Indragiri Hilir, Kamis kemarin 29 Maret.

Masyarakat selanjutnya menghubungi kepolisian sektor setempat, mengingat lokasi itu kerap menjadi area permainan anak-anak. Beruntung tidak ada korban jiwa akibat buaya nyasar tersebut.

Menurut Hutomo, setelah dihubungi Polres Indragiri Hilir terait temuan predator tersebut, pihaknya langsung menurunkan tim untuk menangkap dan merelokasi buaya itu.

Jumat malam tadi (30/3), tim BBKSDA Wilayah I tiba di Kota Pekanbaru setelah menempuh perjalanan darat sekitar delapan jam lamanya.

"Tim medis kita masih akan memeriksa kesehatan buaya itu. Jika memungkinkan dalam waktu dekat akan segera kita lepasliarkan kembali ke tempat yang aman dari manusia," tuturnya.

Melengkapi Hutomo, Kepala BBKSDA Riau, Suharyono menyampaikan apresiasi setingginya Kepada Polres Indragiri Hilir, Komando Rayon Militer setempat serta warga atas kerjasama dalam menyelamatkan satwa itu.

"Buaya muara merupakan satwa langka dilindungi Undang-Undang No 5 Tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya. Saya mengucapkan terima kasih sebesarnya kepada seluruh pihak atas kerjasamanya," ujar mantan kepala BBKSDA Provinsi Bali tersebut.

Keberadaan buaya sering menjadi teror sendiri bagi warga Kabupaten Indragiri Hilir, mengingat secara geografis daerah itu berada di pesisir Riau serta banyak terdapat sungai-sungai kecil. Dalam beberapa kasus, buaya bahkan sempat menerkam mulai dari sekadar melukai hingga menghabisi nyawa warga