Tanah Datar siap pertahankan prediket WTP murni

id Zuldafri Darma,WTP

Tanah Datar siap pertahankan prediket WTP murni

Wakil Bupati Tanah Datar Zuldafri Darma. (ANTARA SUMBAR/Istimewa)

Batusangkar, (Antaranews Sumbar) - Wakil Bupati Tanah Datar, Sumatera Barat, Zuldafri Darma mengatakan kabupaten itu siap mempertahankan prediket Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) murni dalam laporan hal laporan keuangan daerah tersebut.

Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tanah Datar menurutnya sudah disiapkan sedemikian rupa dan selalu dipantau Organisasi Perangkat Daerah (OPD) teknis seperti Inspektorat.

"Dengan demikian, nantinya diharapkan kita dapat memperoleh opini terbaik", katanya di Batusangkar, Jumat.

Ia menyebutkan laporan keuangan yang merupakan pertanggungjawaban dalam bentuk laporan tentang pengelolaan keuangan daerah satu periode tertentu ini merupakan bahan informasi dalam menentukan aliran kas, saldo neraca dan kebutuhan sumber daya finansial jangka pendek daerah.

"Oleh sebab itu harus terpercaya, sehingga nanti kita layak dapat mempertahankan opini WTP murni," ujarnya.

Sebelumnya LKPD Tanah Datar telah diserahkan oleh Wakil Bupati Zuldafri Darma ke pihak BPK-RI Perwakilan Provinsi Sumatera Barat untuk selanjutnya diperiksa.

Kepala Perwakilan BPK Sumbar Pemut Aryo Wibowo mengatakan pihaknya harus menyerahkan laporan hasil pemeriksaan tersebut maksimal dalam 60 hari.

Ia menyebutkan secepatnya tim auditor akan melakukan audit ke Tanah Datar, oleh sebab itu ia meminta agar pemerintah daerah mendukung agar kinerjanya dapat lebih cepat dan lancar.

"Soal prediket WTP murni bukanlah merupakan sebuah prestasi lagi, namun sudah merupakan keharusan bagi daerah", katanya. (*)
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar