Rektor IAIN Batusangkar: lulusan aplikasikan ilmu di tengah masyarakat

id IAIN Batusangkar

Rektor IAIN Batusangkar: lulusan aplikasikan ilmu di tengah masyarakat

Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar, Sumatera Barat, Kasmuri memberikan sambutan dalam wisuda angkatan V intsitusi tersebut tahun ajaran 2017/2018. (Antara Sumbar/Syahrul R.)

Batusangkar, (Antaranews Sumbar) - Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar, Sumatera Barat, Kasmuri mengimbau agar seluruh lulusan dari perguruan itu bisa mengaplikasikan ilmu yang telah diperoleh selama perkuliahan di tengah masyarakat.

"Saudara akan kembali ke masyarakat yang penuh persaingan dan tantangan yang harus dihadapi," katanya dalam sambutan pada acara Wisuda Angkatan V IAIN Batusangkar tahun ajaran 2017/2018 di Batusangkar, Rabu.

Ia menyebutkan ilmu tersebut bisa saja didapat dari pengalaman selama perkuliahan, baik dalam organisasi kemahasiswaan maupun pengalaman dalam melakukan penelitian dan penulisan karya ilmiah.

"Apalagi dengan telah diberlakukannya masyarakat ekonomi Asean, keberhasilan ditentukan oleh diri sendiri untuk mencapai target ke depan," ujarnya.

Ia menambahkan, sebelumnya IAIN Batusangkar sudah memiliki lulusan yang telah menunjukkan kiprahnya di berbagai bidang.

Menurut dia, diantara lulusan ada yang menjadi pemimpin eksekutif daerah, legislalor, pedagang sukses, dan bahkan ada yang berkiprah di tingkat nasional dan international.

"Berdasarkan data yang telah diperoleh melalui tracer study terhadap alumni, saat ini sebagaian besar mereka telah ada yang bekerja sebagai ASN, hakim, advokat, bankir, politisi, wiraswasta dan profesi-yang tersebar hampir di seluruh wilayah Indonesia," sebutnya.

Sementara itu Ketua Panitia Pelaksana Wisuda, Aidhya Irhash Putra mengatakan pada wisuda kali ini terdapat 545 orang wisudawan-wisudawati yang berasal dari 3 fakultas dan Program Pascasarjana.

Masing-masingnya Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan sebanyak 302 orang, Fakultas Syariah 25 orang, dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam sebanyak 203.

"Dari Program Pascasarjana terdapat sebanyak 15 orang wisudawan-wisudawati," katanya. (*)