Kabar baik, alat berobat kanker telah dimiliki RSMH, pasien tak perlu lagi ke luar negeri

id kanker

Ilustrasi - Kanker. (Antara)

Keberadaan penyakit kanker harus ditanggulangi sejak awal dan sedini mungkin sehingga perkembangannya bisa ditangani sejak awal
Palembang, (Antaranews Sumbar) - Peralatan yang layak dan mencukupi untuk mengobati penyakit kanker telah dimiliki Rumah Sakit Muhammad Hoesin (RSMH) Palembang sehingga pasien tidak perlu lagi berobat ke luar negeri.

Direktur Utama RSMH Palembang, M Syahril Mansyur menyampaikan hal tersebut pada diskusi deteksi kanker sejak dini bersama "Cancer Information and

Support Center (CISC)" dan DPD RI di Palembang, Rabu.

Keberadaan penyakit kanker harus ditanggulangi sejak awal dan sedini mungkin sehingga perkembangannya bisa ditangani sejak awal, katanya.

Disebutkan, kanker menjadi salah satu penyakit yang menakutkan bagi masyarakat, padahal seharusnya hal tersebut tidak perlu ditakuti, tetapi ditanggulangi dan diobati.

Selain memahami sejak dini, pengobatan medis harus dilakukan secepat mungkin dan RSMH sendiri memiliki tenaga medis yang cukup banyak, alat kesehatan yang sudah bisa menangani, termasuk melakukan kemotrapi dan pengobatan lainnya, katanya.

Hal senada juga disampaikan, Toto Imam Soeparmono, salah seorang ahli kanker dari Indonesian Army Center Hospital, kalau kanker terdeteksi sejak dini maka pengobatannya bisa lebih mudah.

Penyebab dari kanker sendiri bermacam-macam, selain dari makanan terdapat juga dari rokok dan lainnya. Kalau terdeteksi sejak dini, maka kanker bisa diatasi dengan lebih mudah sebelum memasuki stadium yang lebih berat, ujarnya

Dua hal yang baik dilakukan masyarakat, yaitu sering-sering mengkonsumsi sayur dan buah-buahan yang sehat dapat menunda tumbuhnya sel kanker tersebut. Selain itu juga harus menghindari makanan yang mengandung zat berbahaya dan asap rokok.

Sementara Wakil Ketua Komite III DPD RI, Abdul Aziz menyampaikan, untuk mengurangi resiko berkembangnya kanker, maka masyarakat mesti memahami pola dan cara hidup sehat. CISC sendiri diharapkan dapat menjadi lembaga yang memberi informasi mengenai penanganan kanker sejak dini, katanya.(*)
Pewarta :
Editor: Hendra Agusta
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar