Lanjutkan pembanguna jalan Bayang-Alahan Panjang, Sumbar alokasikan Rp12 miliar

id Jalan bayang-alahan panjang

Lanjutkan pembanguna jalan Bayang-Alahan Panjang, Sumbar alokasikan Rp12 miliar

Ilustrasi - (ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra/kye/17)

Painan, (Antaranews Sumbar) - Pemerintah Provinsi Sumatera Barat melanjutkan pembangunan jalan dari Bayang Utara, Kabupaten Pesisir Selatan ke Alahan Panjang, Kabupaten Solok dengan anggaran Rp12 miliar pada 2018.

"Pembangunan jalan akan dimulai dari Alahan Panjang dengan target pengerjaan 2,7 kilometer," kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum Pesisir Selatan, Era Sukma Munaf di Painan, Senin.

Ia menyebutkan dengan adanya pengerjaan jalan maka total panjang jalan yang telah dituntaskan menjadi 18,1 kilometer sementara total panjang jalan keseluruhan 49,4 kilometer.

Jika dikilas sejak awal pembangunan, maka telah menelan anggaran 44,276 miliar sejak pembangunan jalan dicanangkan pada 2013.

"Kami dari kabupaten terus berupaya menjemput anggaran untuk pembangunan jalan baik dari provinsi atau pusat karena jika tuntas maka perekonomian masyarakat akan meningkat signifikan," ungkapnya.

Selain itu katanya, dengan tuntasnya pembangunan jalan maka akan berdampak positif bagi dunia pariwisata baik di Pesisir Selatan maupun Solok.

"Solok dikenal dengan pariwisata pegunungan dan Pesisir Selatan dengan dikenal dengan pariwisata kebahariannya, tentu saja kedua daerah akan saling diuntungkan dengan jalan yang akan dibangun," katanya lagi.

Era mengungkapkan untuk menuntaskan jalan Bayang Utara-Alahan Panjang dibutuhkan total anggaran Rp477 miliar.

Dari Rp477 miliar itu, Rp432 miliar diperuntukkan untuk membangun fisik jalan sementara Rp45 miliar digunakan untuk membangun jembatan.