Pertahankan perolehan medali, KONI Agam kirim atlet bersertifikat Kejurda ke Porprov

id KONI Agam

Pertahankan perolehan medali, KONI Agam kirim atlet bersertifikat Kejurda ke Porprov

Pengurus KONI Kabupaten Agam menggelar rapat dengan pengurus cabang olahraga membahas persiapan Porprov XV di Padang Pariaman. (Antara Sumbar/Yusrizal)

Kita akan memprioritaskan atlet yang memiliki sertifikat Kejurda dan memperoleh medali pada Porprov XV di Padang
Lubukbasung, (Antaranews Sumbar) - Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Agam, Sumatera Barat akan mengirimkan atlet yang memiliki sertifikat kejuaraan daerah (Kejurda) untuk membela daerah itu pada Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XV di Padang Pariaman 2018.

"Kita akan memprioritaskan atlet yang memiliki sertifikat Kejurda dan memperoleh medali pada Porprov XV di Padang," kata Ketua KONI Agam, Zarfinus Makmur di Lubukbasung, Senin.

Ia mengatakan ini bertujuan agar Agam bisa mempertahankan perolehan medali atau menambah medali pada gelaran dua tahunan itu.

Pada Porprov di Padang katanya, Agam berada pada peringkat tiga dengan perolehan medali emas sebanyak 54 keping, perak 15 keping dan perunggu enam keping.

Ia menjelaskan, ke 54 medali emas itu berasal dari cabang angkat berat 25 keping, dayung enam keping, pencak silat lima keping, atletik empat keping, tenis meja tiga keping.

Lalu gulat tiga keping, tarung derajat tiga keping, bridge satu keping, paralayang satu keping, karate satu keping dan taekwondo satu keping.

"Pada Porprov di Dharmasraya pada 2014, Agam memperoleh medali emas sebanyak 46 keping, medali perak 45 keping dan medali perunggu 59 keping," katanya.

Ia menambahkan, atlet yang akan mewakili daerah itu harus lolos pra Porprov yang digelar masing-masing cabang olahraga.

Untuk itu pihaknya berharap seluruh cabang olahraga menyiapkan atlet agar lolos nantinya, sehingga memiliki tiket saat Porprov nanti.

"Bagi atlet yang tidak lolos pada Porprov, maka mereka tidak bisa membela Agam, karena ini aturan saat Porprov di Padang Pariaman," katanya.

Sementara itu Sekretaris Pengurus Cabang Perbakin Agam, Akhiruddin mengatakan atlet menembak telah mengikuti pra Porprov di Kabupaten Limapuluhkota pada 9-11 Februari 2018.

Pada pra Porprov itu, atlet menembak Agam berada pada peringkat tiga dibawah Kabupaten Limapuluh Kota dan Solok dengan perolehan medali perak satu keping dan perunggu tujuh keping.

"Dengan perolehan itu, kita menargetkan atlet menembak Agam keluar sebagai juara umum pada Porprov nantinya," katanya. (*)