Universitas Baiturrahmah arahkan mahasiswa kenal situasi sosial masyarakat

id universitas Baiturrahmah

Universitas Baiturrahmah arahkan mahasiswa kenal situasi sosial masyarakat

Rektor Universitas Baiturrahmah Prof Musliar Kasim. (Antara)

Rencananya dalam waktu dekat akan ada 500 mahasiswa dikirim ke Dangung-Dangung, Lima Puluh Kota untuk mengampil aspirasi sosial,
Padang, (Antaranews Sumbar) - Universitas Baiturrahmah (Unibrah), Padang, Sumbar mengarahkam mahasiswa bidang kesehatan dan kedokteraan untuk mengenal situasi masyarakat di beberapa daerah melalui kegiatan sosial langsung ke lapangan

"Rencananya dalam waktu dekat akan ada 500 mahasiswa dikirim ke Dangung-Dangung, Lima Puluh Kota untuk mengampil aspirasi sosial," kata Rektor Unibrah Prof Musliar Kasim di Padang, Jumat.

Kelima ratus mahasiswa itu akan dibiarkan untuk mengenal situasi sosial sembari melihat keadaan kesehatan atau kebersihan masyarakat di sekitar daerah tersebut.

Misalnya untuk melihat situasi penyakit yang banyak diderita masyarakat di daerah tersebut. Seperti saat ini penderita stunting atau masalah gizi kronis karena kurangnya asupan gizi.

Mahasiswa dapat melakukan identifikasi langsung di lapangan seperti penyebab, termasuk mengukur kaitannya dengan taraf ekonomi.

Ini bagian dari kegiatan pengabdian masyarakat dari tri dharma perguruan tinggi. Dalam hal ini Unibrah fokus pada bidang kesehatan

Kemudian hasil dari observasi dan pengabdian masyarakat oleh mahasiswa ini akan dikoordinasikan dengan pemerintah. Seperti memberikan data kepada dinas kesehatan terkait jumlah penyakit atau keadaan kesehatan di suatu daerah.

Koordinasi ini akan dibangun antara kampus dan pemerintah, agar kedua instansi dapat menuntaskan persoalan secara menyeluruh.

Hal ini rencananya dilaksanakan pada tanggal 5 hingga 8 April 2018 dan diharapkan ini akan dilanjutkan untuk seluruh mahasiswa. (*)