Hari Peduli Sampah, ribuan pelajar dan ASN padati Pantai Carocok

id Hari Peduli Sampah

Hari Peduli Sampah, ribuan pelajar dan ASN padati Pantai Carocok

Para pelajar antusias menukarkan sampah yang dipungutnya ke panitia untuk ditukarkan dengan alat tulis. (ANTARA SUMBAR/Istimewa)

Painan, (Antaranews Sumbar) - Ribuan Aparatur Sipil Negara (ASN) dan pelajar di Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat menggelar aksi bersih-bersih Objek Wisata Pantai Carocok dan menaruh sampah di tempat yang telah disediakan, Jumat.

Bupati setempat, Hendrajoni di sela-sela kegiatan menyebutkan kegiatan bersih-bersih Objek Wisata Pantai Carocok merupakan kegiatan dalam memperingati Hari Peduli Sampah Nasional 2018.

Pada kegiatan tersebu, bagi pelajar atau masyarakat yang ikut serta dan dinilai memiliki semangat tinggi dalam mengumpulkan sampah maka akan mendapatkan sembako dan juga alat tulis.

"Saya berharap ke depan kegiatan seperti ini tidak hanya ketika memperingati Hari Peduli Sampah Nasional namun menjadi agenda rutin baik ditingkat kabupaten, kecamatan dan juga nagari," katanya.

Hal tersebut karena ia menilai kebiasaan akan peduli sampah perlu ditanamkan ke setiap masyarakat sehingga lingkungan akan menjadi lebih indah dan pastinya masyarakat terhindar dari pelbagai penyakit.

"Dengan tidak adanya sampah di lingkungan masyarakat, pertama keberadaan nyamuk bisa diminimalkan, tidak bau dan hewan-hewan kecil seperti kecoak, tikus dan lainnya juga tidak akan ada," ungkapnya.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup setempat, Nelly Armida menambahkan pada peringatan Hari Peduli Sampah Nasional 2018, kabupaten setempat mencanangkan kegiatan tiga bulan bersih sampah yang berlangsung dari tanggal 21 Januari hingga 21 April 2018.

"Mengisi kegiatan itu kami terus mengkampanyekan lingkungan tanpa sampah mulai di sekolah-sekolah, tempat umum hingga objek wisata seperti yang dilakukan saat ini," sebut Nelly.

Kampanye lingkungan tanpa sampah itu, katanya mendapat respon positif baik dari masyarakat, pelajar, ASN hingga pejabat pada daerah setempat.

Kegiatan bersih-bersih sampah di Objek Wisata Pantai Carocok diakhiri dengan penanaman pohon pelindung oleh Bupati Hendrajoni yang disaksikan oleh seluruh peserta. (*)