Aceh Utara siapkan e-warung untuk salurkan bantuan pangan nontunai

id e-warung

Aceh Utara siapkan e-warung untuk salurkan bantuan pangan nontunai

Konsumen membayar transaksi belanja menggunakan Kartu Debit banking. (ANTARA FOTO/Widodo S. Jusuf)

saat ini sejumlah Tenaga Kerja Sosial Kecamatan (TKSK) sedang melakukan pemetaan dan ruang wilayah untuk keberadaan warung dimaksud
Lhokseumawe, (Antaranews Sumbar) - Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Aceh Utara, Provinsi Aceh, tengah menyiapkan e-Warong untuk menyalurkan bantuan pangan nontunai (BPNT) yang direncanakan segera direalisasikan.

"Untuk tahapan realisasi BPNT itu, kami sedang menyiapkan warung yang menyediakan bahan kebutuhan pokok sebagaimana yang telah diatur," kata Kepala Bidang Bantuan Jaminan Sosial Mirodiyatun Resi, Kamis malam.

Ia mengatakan saat ini sejumlah Tenaga Kerja Sosial Kecamatan (TKSK) sedang melakukan pemetaan dan ruang wilayah untuk keberadaan warung dimaksud.

"Setelah kami menyiapkan warungnya, nanti pihak bank akan melihat lagi dan menilai apakah layak atau tidak sebagai tempat penukaran dengan bahan pokok dengan kartu BPNT tersebut," katanya.

Di wilayah Kabupaten Aceh Utara sendiri, jumlah Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang menerima kartu BPNT sebanyak 53.575 KPM. Sedangkan masing-masing warung maksimal melayani 200 KPM.

Sementara itu, masing-masing KPM setiap bulannya mendapat bantuan sebesar Rp110 ribu yang dapat ditukarkan dengan bahan pokok pada e- warong dimaksud.

BPNT adalah bantuan pangan dari pemerintah yang diberikan kepada KPM setiap bulannya melalui mekanisme akun elektronik yang digunakan hanya untuk membeli bahan pangan di e-Warong yang bekerja sama dengan bank.

BPNT bertujuan mengurangi beban pengeluaran serta memberikan nutrisi yang lebih seimbang kepada KPM secara tepat sasaran dan tepat waktu.