Di UNP, Ketua MPR ajak mahasiswa tingkatkan rasa cinta Tanah Air

id Zulkifli Hasan

Di UNP, Ketua MPR ajak mahasiswa tingkatkan rasa cinta Tanah Air

Ketua MPR RI Zulkifli Hasan motivasi ribuan mahasiswa di UNP, Kamis (22/3).

Banyak generasi muda tidak mengetahui daerah asalnya, luas wilayah, berapa jumlah masyarakat di wilayah mereka dan lainnya sehingga mereka kehilangan identitasnya
Padang, (Antaranews Sumbar) - Ketua MPR RI Zulkifli Hasan mengajak mahasiswa Sumatera Barat untuk meningkatkan empati sehingga dapat meningkatkan rasa cinta kepada Tanah Air.

"Banyak generasi muda tidak mengetahui daerah asalnya, luas wilayah, berapa jumlah masyarakat di wilayah mereka dan lainnya sehingga mereka kehilangan identitasnya," katanya di hadapan mahasiswa Universitas Negeri Padang (UNP) Sumatera Barat, Kamis.

Menurut dia apabila seorang pemuda tidak tahu dan peduli akan kampung halamannya tentu tidak tumbuh empati di hatinya. Padahal dengan empati itu perjuangan terhadap bangsa ini bergejolak.

"Pada zaman kemerdekaan contohnya para pemuda tahu akan daerah, rakyatnya sehingga mereka berjuang sampai titik darah penghabisan agar Indonesia dapat merdeka," kata dia.

Saat ini malah sebaliknya yang terjadi, bangsa ini kehilangan nilai dan jati diri. Seperti demokrasi Pancasila yang seharusnya melahirkan keadilan, harmoni dan sikap saling menghormati. Secara perlahan berubah menjadi rasa curiga, saling menyalahkan dan saling hujat.

"Hingga timbul kelompok-kelompok yang menangaggap dirinya lebih baik dari yang lain. Saya pancailais kamu tidak semacamnya sehingga menimbulkan perpecahan," kata dia.

Selain itu nilai Pancasila juga sering diplesetkan seperti sila kesatu Ketuhanan Yang Maha Esa diganti dengan Keuangan Yang Maha Kuasa.

Dalam praktiknya uang mengatu segalanya, apabila ingin menjadi bupati, anggota DPR ata DPRD harus memiliki banyak uang. Masyarakat dipaksa membuat persaksian palsu dengan rasa utang budi karena diberi uang, dan ini yang disebut politik transaksional.

"Tugas kita saat ini adalah mengembalikan nilai-nilai pancasila yang ada dalam setiap kehiupan berbangsa dan bernegara," ujarnya.

Ia berharap kampus ini menjadi pelopor untuk memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa yang semakin pudar, bahkan orasi ini berjudul "Menjahit Kembali Merah Putih".

"Kami ingin UNP menjadi pelopor bagi kampus-kampus lain di seluruh Indonesia untuk memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa," kata dia.

Dalam kegiatan tersebut para mahasiswa selain menerima motivasi dari Ketua MPR RI mereka mendapatkan motivasi dari Mantan Ketua KPK RI Abraham Samad, Wakil Ketua MPR Mahyudin, Ketua Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) RI Muhammad Syarkawi Rauf, dan lainnya.