ICT Watch : agar mengurangi penggunaan gawai di depan anak

id ponsel

ICT Watch : agar mengurangi penggunaan gawai di depan anak

ilustasi

Orang tua perlu memberikan contoh dalam penggunaan gawai dan media sosial agar anak-anaknya tidak mudah terkena dampak negatif media sosial
Jakarta, (Antaranews Sumbar) - Pelaksana Tugas Direktur Eksekutif ICT Watch Widuri menyebutkan para orang tua agar kurangi penggunaan gawai atau "gadget" di depan anak-anaknya, terutama pada waktu keluarga.

"Batasi penggunaan media sosial pada waktu kegiatan keluarga, seperti saat makan bersama, liburan, jalan-jalan, dan lainnya," katanya dalam sebuah seminar di Wisma Antara, Jakarta, Kamis.

Widuri menambahkan bahwa sebaiknya orang tua menggunakan hari libur, termasuk Sabtu dan Minggu, dan waktu luang lainnya untuk melakukan kegiatan keluarga bersama-sama dengan anak.

Orang tua perlu memberikan contoh dalam penggunaan gawai dan media sosial agar anak-anaknya tidak mudah terkena dampak negatif media sosial.

"Orang tua sering kali memberikan izin anak-anak mereka untuk membuat akun media sosial. Padahal, ada batasan umur untuk mengakses media sosial," tambahnya.

Oleh karena itu, agar anak tidak mudah mengakses media sosial, orang tua juga perlu mengurangi dan membatasi penggunaan media sosial di depan anak-anaknya.

Widuri menjadi salah satu pembicara dalam Seminar dan Lokakarya "Perlindungan Anak di Ranah Daring". Selain Widuri, juga terdapat pembicara lain, seperti Dirjen Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika Semuel Abrijani Pangerapan.

Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara juga dijadwalkan memberikan pidato kunci pada seminar dan lokakarya tersebut.