Inilah empat fokus pembangunan Tanah Datar untuk 2019

id Zuldafri Darma

Inilah empat fokus pembangunan Tanah Datar untuk 2019

Wabup Tanah Datar, Zuldafri Dharma. (cc)

Aspek pariwisata akan difokuskan pada pengembangan serta pembenahan potensi-potensi pariwisata yang terdapat di Tanah Datar.  
Batusangkar, (Antaranews Sumbar) - Pemerintah Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat, pada 2019 akan memfokuskan pembangunan daerah pada empat aspek utama, yakni sumber daya manusia, pertanian, pariwisata dan peayanan publik.

Wakil Bupati Tanah Datar, Zuldafri Darma di Batusangkar, Kamis, mengatakan aspek sumber daya manusia terdapat beberapa pembagian, yaitu bidang pendidikan, kesehatan dan kebudayaan.

Ia menjelaskan beberapa program dalam bidang tersebut di antaranya meningkatkan layanan kesehatan dan mendirikan rumah tahfidz dalam rangka menciptakan hafidz di masa mendatang.

Aspek kedua ialah bidang pertanian, dalam hal ini pihaknya akan memberikan prioritas dalam peningkatan produktivitas pertanian sesuai dengan sumber daya lokal.

Selanjutnya aspek pariwisata, hal tersebut akan difokuskan pada pengembangan serta pembenahan potensi-potensi pariwisata yang terdapat di daerah Tanah Datar.

Dengan upaya tersebut nantinya diharapkan akan meningkatkan kunjungan wisata dengan dampak yang baik ke berbagai bidang, yaitu pertumbuhan ekonomi dan pendapatan serta mengurangi angka pengangguran.

Sementara untuk pelayanan publik melalui meningkatkan efesiensi kinerja birokrasi dengan sistem aplikasi yang telah dibangun, seperti e-Planning, e-Budgetting, e-Procurement dan e-Money.

Sementara Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Tanah Datar, Anton Yondra meminta agar pemerintah daerah dapat memprioritaskan pembangunan di Tanah Datar sesuai dengan skala prioritas kabupaten.

Beberapa hal yang mesti jadi perhatian penting menurutnya adalah perbaikan sarana jalan serta persoalan pendidikan yang ada di daerah tersebut. (*)
Pewarta :
Editor: Mukhlisun
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar