BMKG: pasang air laut dua meter di Babel agar diwaspadai

id pasang laut

BMKG: pasang air laut dua meter di Babel agar diwaspadai

Ilustrasi air laut pasang.

Pasang air laut mencapai dua meter atau lebih harus diwaspadai karena dapat membahayakan keselamatan,
Pangkalpinang, (Antaranews Sumbar) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Kota Pangkalpinang menyebutkan pasang air laut lebih dari dua meter di beberapa pesisir Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Jumat (23/3) agar diwaspadai masyarakat.

"Pasang air laut mencapai dua meter atau lebih harus diwaspadai karena dapat membahayakan keselamatan," ujar prakirawan dari kantor Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Kelas I Kota Pangkalpinang, Anggun Rahmania, Kamis.

Pasang air laut maksimum mencapai dua meter atau lebih berpeluang terjadi di Sungailiat Kabupaten Bangka sekitar 2,17 meter, di Toboali Kabupaten Bangka Selatan 2,02 meter, dan di Membalong Kabupaten Belitung yang bahkan dapat mencapai sekitar 2,31 meter.

Sementara itu, pasang air laut maksimum di bawah dua meter dapat terjadi di pesisir pantai Kelapa Kampit Kabupaten Belitung Timur sekitar 1,83 meter, di Tanjungpandan Kabupaten Belitung 1,54 meter, di Mentok Kabupaten Bangka Barat 1,45 meter, dan di Belinyu Kabupaten Bangka sekitar 1,43 meter.

"Oleh karena itu kami mengimbau warga dan wisatawan agar mewaspadai ketinggian pasang air laut dengan tidak beraktivitas di pesisir pantai yang terhubung langsung dengan laut lepas," kata Anggun.

Pada kesempatan itu BMKG Kota Pangkalpinang memprakirakan ketinggian gelombang di perairan dan jalur-jalur penyeberangan hanya berkisar antara 0,0 sampai 0,75 meter dan relatif aman.

Ketinggian gelombang signifikan di jalur penyeberangan Selat Bangka dan Selat Gelasa diprakirakan antara 0,0 sampai 0,5 meter, di Selatan Bangka antara 0,5 sampai 0,75 meter, sedangkan di Utara Bangka dan Selat Karimata sekitar antara 0,0 sampai 0,75 meter.

"Namun demikian kami tetap mengimbau para pengguna jasa angkutan laut serta nelayan tradisional agar waspada selama berada di perairan karena ketinggian gelombang maksimum dapat mencapai dua kali ketinggian gelombang signifikan," Ujar Anggun Rahmania.

Di sisi lain BMKG juga mengimbau agar masyarakat mewaspadai potensi awan petir (awan Cumulonimbus) yang dapat menyebabkan ketinggian gelombang bertambah.

Sementara itu kecepatan angin di jalur-jalur penyeberangan Kepulauan Bangka Belitung berkisar antara 8 hingga 32 kilometer per jam yang bergerak dari Barat ke Utara dan dari Barat Laut ke Timur Laut.

Cuaca di daratan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sepanjang Jumat diprakirakan cerah berawan, berawan, dan berawan tebal dengan peluang terjadi hujan lokal di beberapa wilayah terutama pada siang hari.

Kecepatan angin di daratan diprakirakan antara 20 sampai 30 kilometer per jam dengan suhu 23 sampai 32 derajat Celcius dan kelembaban udara 65 hingga 95 persen.