Temanggung belajar pertanian ke Solok

id Kunker temanggung

Temanggung belajar pertanian ke Solok

Penyerahan cinderamata. (Dokumentasi Humas Pemkab Solok)

Arosuka, (Antaranews Sumbar) - Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah belajar dan berbagi pengalaman tentang pertanian ke Kabupaten Solok, Sumatera Barat, Rabu.

Sekretaris Daerah Kabupaten Temanggung, Bambang Arohman di Arosuka mengatakan secara administratif Temanggung terdiri dari 20 kecamatan, sebagian besar wilayah merupakan dataran tinggi dan pegunungan, yakni bagian rangkaian dataran tinggi Dieng yang mirip daerah Solok bagian Alahan Panjang.

"Di perbatasan dengan Kabupaten Wonosobo terdapat Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing. Temanggung berada di jalan provinsi yang menghubungkan Semarang-Purwokerto," ujarnya.

Ia mengatakan daerahnya yang juga mengandalkan program di sektor pertanian ingin berbagi pengalaman dan belajar dari teknologi pertanian yang ada di Solok.

"Kami berharap apa yang didapat di sini bisa menjadi pembanding dan pembelajaran di Temanggung nantinya," ujarnya.

Rombongan Temanggung hadir dengan Kepada Dinas Pertanian dan pangan, Kepala Bappeda, Kabag pembangunan, Kabag ekonomi dan beberapa staf lainnya.

Sementara Bupati Solok, Gusmal mengatakan Solok sekarang fokus menjadi sentra bawang merah di Sumatera, jadi berbagai teknologi digunakan untuk meningkatkan produksi bawang merah.

"Mungkin lebih banyak pengalaman dari Kabupaten Temanggung dari pada Solok di bidang pertanian yang bisa dipelajari, seharusnya kita berkunjung kesana," ujarnya.

Gusmal berharap Temanggung dan Solok bisa saling bertukar informasi dalam rangka pengembangan pertanian khususnya bawang merah maupun bawang putih, karena Temanggung terkenal sebagai daerah penghasil bawang putih.

"Saya berharap rombongan dari Temanggung ini bisa dapat langsung ke lapangan melihat kawasan bawang merah kami," ujarnya. (*)