Gandeng awak media, cara UMSB dorong kemajuan kampus

id Kampus Umsb

Gandeng awak media, cara UMSB dorong kemajuan kampus

Workshop kehumasan dan pembentukan forum wartawan UMSB (Ist)

Kemitraan yang dibangun tentu dalam bentuk sinergitas yang positif sehingga sama-sama mendapatkan dampak yang saling berkonstribusi
Padang, (Antaranews Sumbar) - Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat (UMSB) menggandeng awak media massa dengan membentuk forum untuk mendorong kemajuan kampus dan mengenalkan ke masyarakat.

Upaya pembentukan forum awak media itu sebagai langkah untuk membangun sinergitas yang positif dan telah menjadi komitmen civitas akademika UMSB, kata Wakil Rektor I Haryadi pada worshop humas dan wartawan di Padang, Rabu.

Mementum workshop itu, sebagai pembicara Dr. Hadi Suyono yang merupakan Kepala Bagian Humas Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta dan juga dosen psikologi UAD, dan turut hadir wakil rektor I, serta para dekan di lingkup kampus UMBS.

"Kami unsur rektorat dan para dekan sudah komitmen untuk melakukan ekspos maupun bertindak jadi narasumber oleh para awak media," katanya.

Hadi Suyono dalam paparannya menyampaikan, perguruan tinggi mesti bergandengan dengan teman-teman media, guna lebih memperkenalkan perguruan tinggi ke masyarakat baik skala lokal, regional, dan nasional.

Kemitraan yang dibangun tentu dalam bentuk sinergitas yang positif sehingga sama-sama mendapatkan dampak yang saling berkonstribusi.

Menurut dia, bergandengan dengan awak media sangat menguntungkan bagi perguruan tinggi, karena media wadah sosialisasi yang efektif sebagai memudahkan manajamen sirkulasi informasi kegiatan kampus sampai ke publik.

Namun, perlu dipahami kerja sama yang dibangun agar dapat saling memahami, misalnya dari pihak kampus tidak semua bisa diwadahi oleh awak media untuk dipublikasi.

Artinya, jika pun ada tulisan para dosen atau informasi dibagikan tetapi tidak dimuat, jangan pula harus dipaksakan atau dikendalikan pihak media.

Sebaliknya, begitu dengan awak media perlu memahami situasi dan kondisi kemampuan fampus yang bukan sama dengan perusahaan.

"Pengalaman kami di UAD yang sudah terbentuk forum wartawan sangat terbantu dan makin dikenal masyarakat. Dalam layanan kerja sama bisa dibantu media dengan kondisi dan situasi keuangan yang ada," ungkapnya.

. Workshop kehumasan dan pembentukan forum wartawan UMSB (Ist) (Ist/)


Dekan Fakultas Pariwisata UMBS Moch. Abdi menambahkan, pihak cukup terinspirasi dengan adanya kunjungan forum wartawan UAD beberapa waktu lalu ke Sumbar.

Hal itu pulalah yang menggerakan untuk menggandeng awak media untuk membangun kemitraan yang saling menguntungkan.

"Civitas akdemika UMSB juga sudah mendapatkan percerahan dari Dr. Hadi Suyono, terkait pentingnya sinergis dengan awak media melalui pembentukan forum," ujarnya.

Tentunya, tambah dia, kedepannya komunikasi akan lebih intens dan bisa banyak berdiskusi dengan rekan wartawan untuk saling berbagi pengalaman.***