Dharmasraya bangun jaringan 10 OPD dukung pelayanan publik berbasis internet

id internet

Dharmasraya bangun jaringan 10 OPD dukung pelayanan publik berbasis internet

Penggunaan Internet. (Antara)

Dengan pemasangan jaringan ini diharapkan segala urusan administrasi pemerintahan dapat dilakukan secara efisien dan efektif
Pulau Punjung, (Antaranews Sumbar) - Pemerintah Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat, pada 2018 akan membangun jaringan internet ke 10 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk mendukung program pelayanan publik berbasis internet di daerah itu.

"Dengan pemasangan jaringan ini diharapkan segala urusan administrasi pemerintahan dapat dilakukan secara efisien dan efektif," kata Sekretaris Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Dharmasraya, Hendri di Pulau Punjung, Rabu.

Ia mengatakan pembangunan jaringan internet ke 10 OPD tahun ini merupakan kelanjutan dari tahun sebelumnya, dimana pada 2017 sebanyak 18 OPD sudah dikoneksikan.

Terkoneksinya jaringan internet antara OPD dengan baik akan memudahkan segala pengurusan administrasi pemerintahan yang dilakukan seluruh instansi daerah itu, kata dia.

Misalnya pejabat OPD tidak lagi perlu mendatangi Badan Keuangan Daerah (BKD) jika akan melakukan entri data pencarian anggaran program kegiatan.

Pihaknya merencanakan seluruh urusan administrasi pemerintah dapat dilakukan secara online agar pelayan dapat dilakukan secara cepat, transparan dan akuntabilitas, sebut dia.

"Nanti dapat kita buat aplikasi surat menyurat secara online (SI MAYA), aplikasi pelayanan rumah sakit terintegrasi (SIMRS) dan lainnya. Tentu untuk mewujudkan ini kita bangun dulu jaringan agar semua instansi terkoneksi dengan baik," ujarnya.

Pemerintah Kabupaten Dharmasraya menargetkan pada 2019 pembangunan jaringan seluruh kantor pemerintah hingga camat dan wali nagari akan dapat terlaksana, tambahnya.

Ia berharap perencanaan itu dapat terlaksana dengan baik dengan dukungan seluruh masyarakat dan pemangku kepentingan agar target Dharmasraya menjadi daerah smart city di 2020 dapat terwujud.

"Target jangka panjang, Dharmasraya menjadi daerah smart city pada 2020," ungkapnya.

Pembangunan jaringan pada 10 OPD Dharmasraya menggunakan dana sebesar Rp54 juta dari APBD 2018. (*)