Universitas Jambi terima 2.520 mahasiswa baru melalui jalur SNMPTN 2018

id mahasiswa baru

Mahasiswa baru mengikuti oreientasi pengenalan kampus (ospek) . (ANTARA FOTO/Ampelsa)

penghitungan dan penentuan kuota penerimaan mahasiwa baru melalui jalur tersebut ditentukan panitia pusat.
Jambi, (Antaranews Sumbar) - Universitas Jambi (Unja) akan menerima sebanyak 2.520 orang mahasiwa baru melalui jalur seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN) 2018.

Wakil Rektor Bidang Akademik Universitas Jambi, Prof RA Muthalib di Jambi, Rabu mengatakan penghitungan dan penentuan kuota penerimaan mahasiwa baru melalui jalur tersebut ditentukan panitia pusat.

"Kuota tersebut panitia pusat yang melakukan penghitungan, kuota yang ditentukan panitia pusat minimal 30 persen. Jadi kurang dari itu tidak boleh, kalau lebih boleh," kata Prof RA Muthalib.

Saat ini menurut dia, tahapan proses seleksi jalur itu sedang dalam proses pemeriksaan oleh panitia pusat karena seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri langsung diambil oleh panitia pusat.

Dalam penentuan diterima atau tidak pendaftar di sebuah perguruan tinggi tergantung pada nilai dan berdasarkan pada rangking yang dimiliki pendaftar melalui jalur tersebut sebelumnya.

Tahapan pemeriksaan berkas pendaftaran yang dilakukan oleh panitia pusat itu menurut dia, dilakukan secara sistematis.

"Untuk prosesnya itu ada pada panitia pusat, kami di daerah hanya menerima hasil. Dan pengumunan hasil SNMPTN ini akan dilaksanakan 17 April 2018," kata dia.

Sementara itu, jumlah pendaftar melalui jalur seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri yang memilih Universitas Jambi mencapai 12.179 orang.

Dari jumlah pendaftar yang masuk sebanyak 11.619 siswa itu, diantaranya untuk yang mendaftar pada program beasiswa bidik misi sebanyak 3.506 siswa.

Sedangkan dari jumlah keseluruhan pendaftar itu, tercatat sebanyak 5.600 calon mahasiwa dengan pilihan pertama Unja (PTN1), dan 6.597 calon mahasiwa dengan pilihan kedua Unja (PTN2).

Saat ini Universitas Jambi yang merupakan universitas tertua di Jambi itu, memiliki 14 Fakultas dan 88 program studi, dengan jumlah mahasiswa yang terdaftar pada semester genap tahun akedemik 2017/2018 sebanyak 23.636 orang.(*)
Pewarta :
Editor: Hendra Agusta
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar