74 persen warga Pasaman jadi peserta JKN-KIS

id JKN

74 persen warga Pasaman jadi peserta JKN-KIS

Warga menunjukan Kartu Indonesia Sehat (KIS) dan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) . (ANTARA FOTO)

Lubuk Sikaping, (Antaranews Sumbar) - Badan Penyelenggaran Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan mencatat 236.002 jiwa dari total 315.470 Warga Pasaman Sumatera Barat telah menjadi peserta JKN-KIS.

"Berarti sebanyak 74,81 persen warga Pasaman sudah terdaftar. Jadi sisanya sebanyak 79.468 jiwa penduduk Pasaman belum menjadi peserta JKN-KIS atau sekitar 25,19 persen lagi," kata Kepala Operasional BPJS Kesehatan Kabupaten Pasaman Syafrudin di Lubuk Sikaping, Selasa.

Menurutnya, pemerintah daerah setempat berkomitmen meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat Pasaman dengan melakukan integrasi Jamkesda atau masyarakat miskin dan tidak mampu ke dalam Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat untuk 2018.

"Dengan integrasi Jamkesda ke program JKN-KIS ini masyarakat miskin yang telah dijaminkan kesehatannya oleh pemda Kabupaten Pasaman dapat menggunakan haknya untuk mendapatkan pelayanan kesehatan di fasilitas kesehatan yang kerjasama dengan BPJS Kesehatan," jelasnya.

Ia mengatakan pihaknya akan terus berupaya menyosialisasikan program JKN-KIS tersebut.

"Bahkan, kita membuka pintu lebar segala bentuk kemitraan dalam rangka mendukung Universal Health Coverage (UHC) di kabupaten Pasaman," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pasaman Amdarisman mengatakan JKN-KIS ini akan memudahkan masyarakat dalam mendapatkan pelayanan kesehatan.

"Program JKN ini akan kita tuntaskan pada 2018 ini. Sehingga seluruh masyarakat yang belum terdaftar dan memiliki kartu JKN, harus segera terdaftar," ujarnya. (*)