Ini yang harus dilakukan ASN memasuki masa purnabakti

id Hendrajoni

Ini yang harus dilakukan ASN memasuki masa purnabakti

Bupati Pesisir Selatan, Hendrajoni memberikan sambutan pada kegiatan bimbingan teknis bagi ASN yang akan memasuki masa purnabakti. (ANTARA SUMBAR / Didi Someldi Putra)

Kegiatan ini merupakan yang pertama dilaksanakan di Pesisir Selatan, dan kami akan melanjutkan untuk masa berikutnya
Painan, (Antaranews Sumbar) - Sebanyak 106 Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat yang akan memasuki masa purnabakti pada 2018 dan 2019 mengikuti bimbingan teknis di Painan, Senin.

"Kegiatan ini merupakan yang pertama dilaksanakan di Pesisir Selatan, dan kami akan melanjutkan untuk masa berikutnya," kata Bupati setempat, Hendrajoni saat membuka kegiatan itu.

Ia menambahkan melalui kegiatan tersebut diharapkan ASN yang akan memasuki masa purnabakti lebih siap secara mental karena situasi yang mereka hadapi akan berbeda dengan situasi sewaktu ia masih bertugas.

"Selain gaji yang akan berkurang tentu saja kesibukan ASN akan lebih sedikit saat memasuki masa purnabakti," ujarnya.

Dia mengungkapkan beberapa tips agar kondisi itu tidak berdampak negatif terhadap psikologis di antaranya tetap berpikiran positif, selalu bersyukur dan mendekatkan diri kepada sang pencipta.

Hendrajoni berpesan agar ASN tetap bersemangat kendati akan memasuki masa purnabakti dan saat memasuki purnabakti ia juga mendorong agar mereka tetap bersemangat menjalani kehidupan sehari-hari.

"Terimakasih atas pengabdian para ASN yang berdampak banyak terhadap pembangunan di Pesisir Selatan," katanya lagi.

Sementara itu, Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pesisir Selatan, Ahda Yanuar menyebutkan bimbingan teknis bagi ASN yang akan memasuki masa purnabakti dilandasi Undang-Undang Nomor 11 Tahun 1969 Tentang Pensiun Pegawai dan Undang-Undang Nomor 05 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara.

"Melalui kegiatan ini kami berharap ASN lebih siap menghadapi tantangan ketika memasuki masa purnabakti, dan yang pasti mereka tetap bersemangat seperti saat masih aktif sebagai ASN," katanya lagi.

Kegiatan tersebut menurutnya dilaksanakan selama dua hari dan seluruh biaya pelaksanaan ditanggung oleh Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pesisir Selatan. (*)