Semen Padang peringati hut ke-108 tahun

id semen padang

Semen Padang peringati hut ke-108 tahun

Pabrik semen Padang yang kini berusia 108 tahun. Pabrik ini akan disulap menjadi salah satu museum semen di Indonesia. Foto yosviandri, dirut semen Padang .

Padang, (Antaranews Sumbar) - PT Semen Padang akan memperingati HUT ke 108 tahun yang bertepatan dengan 18 Maret 2018 dengan menggelar sejumlah kegiatan pada Senin 19 Maret 2018.

"Peringatan ke-108 tahun ini diperingati secara sederhana, diawali dengan upacara HUT pendirian pabrik PT Semen Padang ke-108, pada Senin (19/3), dan olahraga senam pagi pada Rabu (21/3), " kata Kepala Biro Humas PT Semen Padang, Nur Anita Rahmawati, di Padang, Minggu.

Ia menyampaikan acara HUT kali ini digelar sederhana, namun tidak mengurangi makna sejarah pendirian pabrik yang telah banyak berkontribusi pada modernisasi dan industrialisasi di negeri ini.

Upacara HUT Pendiriaan pabrik PT Semen Padang ke-108 akan dimeriahkan dengan pembuatan konfigurasi 108 tahun yang akan dilakukan oleh 100 peserta upacara.

Sementara pada kegiatan senam pagi, akan meghhadirkan pakar kesehatan, dan juga promosi UKM dengan pendirian stand di Plaza Kantor Pusat Semen Padang.

Nur Anita menyampaikan sejarah panjang telah dilewati PT Semen Padang dan pasang surut kinerja dan peristiwa juga telah dilalui sehingga perusahaan masih mampu bertahan di tengah sengitnya persaingan industri semen di Indonesia.

"Sungguh pencapaian luar biasa, PT Semen Padang mampu bertahan hingga di usianya 108 tahun. Tak banyak perusahaan di negeri ini atau di dunia yang bisa bertahan hingga satu abad lebih, ini pantas disyukuri," katanya.

Ia mengatakan, perkembangan dan eksistensi yang kuat ini dapat terwujud karena adanya komitmen, kerja keras seluruh karyawan dukungan dari Semen Padang Grup, semua pemangku kepentingan serta dukungan sinergi dalam Semen Indonesia Grup yang semakin solid.

Sementara Wartawan senior Sumbar Khairul Jasmi menilai sejarah keberadaan Semen Padang selama satu abad lebih telah berjalin berkelindan dengan sejarah masyarakat Minangkabau khususnya bahkan dengan sejarah bangsa Indonesia.

Pabrik ini merupakan bagian penting dari sejarah modernisasi dan industrialisasi di Indonesia, karena merupakan pabrik semen dan industri besar pertama yang dibangun di Indonesia dan masih tetap eksis bahkan terus berkembang hingga seratus tahun kemudian, katanya.

Ia menyampaikan hari ini mungkin orang hanya memandang PT Semen Padang sebagai bagian kecil saja dari industri semen nasional, karena produksinya yang sekitar 6,5 juta ton setahun.

"Tapi seabad yang lalu, setelah dibangun 1910, pabrik semen di bukit Indarung tersebut adalah segalanya bagi Indonesia yang masih bernama Hindia Belanda," katanya.