WNI Denmark dan Lithuania dapat sosialisasi Pemilu 2019

id Kpu

WNI Denmark dan Lithuania dapat sosialisasi Pemilu 2019

Ilustrasi, Komisi Pemilihan Umum (KPU). (Antara)

KBRI Kopenhagen telah melakukan berbagai perubahan penting dalam meningkatkan pelayanan warga yang berada di Denmark dan Lithuania
London, (Antaranews Sumbar) - KBRI Kopenhagen mengadakan sosialisasi penyelenggaraan Pemilu 2019 bagi WNI yang tinggal di wilayah Denmark dan Lithuania.

Pada kesempatan yang sama juga diselenggarakan sosialisasi Kartu Masyarakat Indonesia di Luar Negeri (KMILN) serta pemutakhiran data WNI di Denmark, kata Pensosbud KBRI Kopenhagen, Ismail N Pulungan kepada Antara London, Minggu.

Dia mengatakan sosialisasi ini diikuti sekitar 100 orang terdiri atas masyarakat dan diaspora Indonesia, termasuk perwakilan sejumlah organisasi kemasyarakatan Indonesia di Denmark seperti Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI), Persekutuan Kristen Indonesia Denmark (PERKI), Masyarakat Badminton Indonesia (MABID) dan Organisasi Muslim Indonesia di Denmark (IMSD).

Duta Besar RI Muhammad Ibnu Said menyampaikan KBRI Kopenhagen berbenah untuk meningkatkan pelayanan publik melalui pencanangan program bernama "Smart Embassy KBRI Kopenhagen" dengan tujuan untuk lebih meningkatkan pelayanan terbaik bagi Masyarakat dan Diaspora Indonesia yang berada di Denmark dan Lithuania.

"Smart Embassy" dilaksanakan sesuai arahan Presiden Joko Widodo agar setiap perwakilan terus melakukan inovasi pelayanan publik bagi WNI yang bermukim di luar negeri.

KBRI Kopenhagen telah melakukan berbagai perubahan penting dalam meningkatkan pelayanan warga yang berada di Denmark dan Lithuania. Antara lain melakukan sosialisasi dan secara langsung mengunjungi masyarakat yang berada di ibu kota Kopenhagen maupun daerah dan mengadakan program-program budaya Indonesia dengan melibatkan peran serta masyarakat.

Dubes memaparkan beberapa hal penting terkait pelayan kekonsuleran bagi WNI, termasuk program-program KBRI Kopenhagen yang telah dilakukan sejak awal tahun hingga menyongsong pertengahan dan akhir 2018 termasuk berbagai program kemasyarakatan yang dapat diikuti semua WNI bermukim di Denmark.

Khusus di bidang kekonsuleran KBRI Kopenhagen berupaya menjadi Perwakilan RI pertama di wilayah Skandinavia bahkan di Eropa untuk mendapatkan Sertifikasi ISO 9001 edisi tahun 2018.

Dengan sertifikasi ini, KBRI Kopenhagen akan memberikan pelayanan prima berbasis manajemen mutu yang dilakukan secara konsisten, transparan, akuntabel dan tepat waktu termasuk dalam memberikan pelayan visa serta akses kekonsuleran kepada warga Denmark dan Lithuania.

Para pemberi materi dalam sosialisasi ini adalah Martin S Madyantoro (Kabid Ekonomi KBRI Kopenhagen) yang menerangkan tentang peran KBRI dalam meningkatkan pelayanan dan perlindungan bagi seluruh WNI di Luar negeri.

Indra Noer (Kabid Sosbud KBRI Kopenhagen) menerangkan tentang KMILN, Ricat Gordon Simanjuntak (Ketua Panitia Pemilihan Umum Luar Negeri PPLN untuk Denmark dan Lithuania) dan Ahmad Rizal Meilian (Staf KBRI Kopenhagen) menerangkan tentang portal data WNI. *