KPU sediakan TPS khusus di dua lapas Padang

id Chandra Eka Putra

KPU sediakan TPS khusus di dua lapas Padang

Chandra Eka Putra (Antara Sumbar/Novia Harlina)

Dua Lapas yang akan disediakan TPS khusus tersebut adalah Lapas Klas I Muaro Kecamatan Padang Barat dan Lapas Anak Aia Kecamatan Koto Tangah
Padang, (Antaranews Sumbar) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Padang, Sumatera Barat akan menyediakan tempat pemungutan suara (TPS) khusus pada dua Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) untuk pilkada 2018.

"Dua Lapas yang akan disediakan TPS khusus tersebut adalah Lapas Klas I Muaro Kecamatan Padang Barat dan Lapas Anak Aia Kecamatan Koto Tangah," kata Koordinator Divisi Perencanaan, Teknis dan Penyelenggara Pemilu KPU Kota Padang, Chandra Eka Putra di Padang, Sabtu.

Menurutnya pendataan warga binaan itu dilakukan dengan mencocokkan nomor induk kependudukan penghuni Lapas ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Padang.

Warga binaan di Lapas yang akan memiliki hak pilih hanya penduduk Kota Padang, ia memperkirakan jumlah pemilih di Lapas Muaro sekitar 400 orang sedangkan di Lapas Anak Aia sekitar 380 orang.

"Untuk jumlah warga binaan yang ada di Lapas lebih dari itu, namun tidak semua penghuni lapas yang merupakan warga Kota Padang," ujarnya.

Chandra menjelaskan jumlah tersebut masih dapat berubah karena penambahan atau pengurangan bisa terjadi, seperti ada penghuni yang keluar sebelum hari pemilihan pada 27 Junis 2018 atau sebaliknya.

"Kami terus berkoordinasi dengan Disdukcapil dan juga dari petugas Lapas," kata dia.

Pihaknya juga akan melakukan sosialisasi terkait pilkada 2018 ini ke du Lapas tersebut, sehingga warga binaan memiliki pemahaman betapa pentingnya memilih pemimpin dalam kondisi apa pun.

Selain itu, KPU Padang juga sudah menetapkan menetapkan data pemilih sementara (DPS) untuk pilkada 2018 sebanyak 536.045 orang yang terdiri dari 262.242 laki-laki dan 273.803 perempuan yang tersebar di 11 kecamatan pada 104 kelurahan.

Pilkada Padang 2018 diikuti oleh dua kandidat, yakni Mahyeldi Ansharullah-Hendri septa dan Emzalmi berpasangan dengan Desri Ayunda, pemungutan suara akan dilakukan pada 27 Juni 2018.

Kota Padang merupakan salah satu daerah yang akan melaksanakan pilkada serentak 2018 di Sumbar. Daerah lainnya adalah Kota Sawahlunto, Pariaman dan Padang Panjang. (*)