Kerja sama kampus swasta dan asing perkuat pengembangan institusi

id Kopertis X

Kerja sama kampus swasta dan asing perkuat pengembangan institusi

Koordinator Kopertis X Prof Herri (Antara Sumbar/M R Denya)

Padang, (Antaranews sumbar) - Koordinator Kopertis wilayah X Prof Herri mengatakan kerja sama yang dijalin beberapa kampus swasta dengan perguruan tinggi asing akan semakin memperkuat pengembangan institusi tersebut.

"Seperti yang telah dilakukan Universitas Internasional Batam, kampus lain bisa mengikuti jejak kampus tersebut," ujar dia di Padang, Jumat.

Universitas di Kepulauan Riau itu telah bekerja sama dengan beberapa kampus asing seperti dari Taiwan dan negeri Asia lainnya, baik dalam penelitian, pengajaran atau pengabdian serta dukungan sarana prasarana. Saat ini Universitas Internasional Batam mampu mengembangkan sumber daya manusianya, baik mahasiswa dan pengajar.

Beberapa kampus lain seperti Universitas Baiturrahmah, Bung Hatta, UIN Riau juga telah melakukan kerja sama yang dampaknya telah memberikan kemajuan bagi institusi.

"Hal terpenting dari kerja sama yakni pembelajaran dan berbagi informasi antar kampus. Dalam hal ini kampus swasta dapat mengambil contoh atau ilmu dari kampus luar negeri misal terkait pengelolaan atau sistem kurikulum," ujarnya

Sebaliknya, imbuhnya kampus luar negeri mendapat informasi yang berujung pada kolaborasi dalam pendidikan tinggi. "Misalnya kerja sama dalam pengadaan seminar internasional atau pelatihan jurnal internasional," katanya.

Bagi kampus swasta ini, sebutnya akan memberikan dampak positif, khususnya bagi peningkatan kemampuan dosen meneliti dan adopsi kepada mahasiswa saat mengajar dan membimbing. Keberlanjutannya dapat menciptakan dosen berkompeten dan mahasiswa berprestasi.

Selain itu secara institusi akan lebih dikenal dunia sehingga memudahkan dalam mengejar pencapaian tertentu.

"Kopertis sendiri telah memediasi sama dengan tiga perguruan tinggi asing bagi kampus swasta," ujar Herri.

Tahun lalu telah ada kerja sama dengan Dayeh University Taiwan, terdapat 34 kampus yang menindaklanjuti kerja sama. Kemudian ada Politeknik Mersing terdapat 4 kampus politeknik yang kerja sama. Serta Universiti Kebangsaan Malaysia sebanyak 19 PTS.

"Saat ini telah ada penjajakan beberapa kampus luar negeri untuk kampus di Kopertis X," kata dia.