Tanah Datar siapkan unit pelayanan terpadu satu pintu

id Pelayanan terpadu satu pintu

Tanah Datar siapkan unit pelayanan terpadu satu pintu

Bupati Tanah Datar, Irdinansyah Tarmizi didampingi Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil), Elizabeth saat malakukan sidak di instansi tersebut, Rabu (14/3). (Antara Sumbar/Syahrul Rahmat.)

Batusangkar, (Antaranews Sumbar) - Pemerintah Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat berencana untuk menyiapkan unit Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) untuk meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat.

Bupati Tanah Datar, Irdinansyah Tarmizi saat melakukan sidak di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) di Batusangkar, Rabu, mengatakan pelayanan terhadap masyarakat adalah hal yang utama, oleh sebab itu dibutuhkan penunjang untuk hal tersebut.

"Presiden Jokowi juga memberikan arahan untuk memberikan jaminan pelayanan kepada masyarakat dan segala urusan dapat selesai dengan cepat tanpa butuh waktu berhari-hari," katanya.

Ia menyebutkan realisasi rencana ini akan diupayakan dapat dilakukan pada tahun 2019 mendatang, sebab perencanaannya harus dilakukan secara bertahap.

Seperti pelayanan dalam bidang kependudukan, menurutnya tidak hanya dilakukan di kantor saja, akan tetapi juga dapat hadir langsung ke tengah-tengah masyarakat.

Dengan demikian masyarakat akan mendapatkan jaminan pelayanan, seperti pelayanan Kartu Keluarga, KTP, Akta Kelahiran dan lain sebagainya dapat selesai dalam waktu yang singkat.

"Saya yakin pelayanan dengan proses yang cepat ini dapat dilakukan," ujarnya.

Ia menambahkan, Disdukcapil Tanah Datar merupakan salah satu OPD dengan memiliki prestasi yang baik dalam hal pelayanan terhadap masyarakat, akan tetapi hal tersebut harus terus ditingkatkan, salah satunya dengan adanya Pelayanan Terpadu Satu Pintu.

Sementara itu Kepala Dinas Dukcapil Tanah Datar, Elizabeth mengatakan sekali pun sudah mendapatkan beberapa penghargaan, akan tetapi yang menjadi fokusnya adalah pelayanan yang maksimal kepada masyarakat.

Menurut dia, instansi yang dipimpinnya merupakan salah satu instansi yang bersentuhan langsung dengan masyarakat, sehingga pelayanan menjadi hal yang utama.

"Setiap hari terus dilakukan upaya peningkatan pelayanan agar dapat meminimalisir komplen dari masyarakat," katanya.