Kejuaraan SOina Tingkat Provinsi Payakumbuh Sabet Dua Emas

id tuna grahita

Kejuaraan SOina Tingkat Provinsi Payakumbuh Sabet Dua Emas

Atlet Payakumbuh penerima medali emas SOIna tingkat provinsi. (Istimewa)

Payakumbuh, (Antaranews Sumbar) - Kota Payakumbuh menyabet dua medali emas pada Special Olympics Indonesia (SOina) tingkat Provinsi Sumatera Barat di lapangan GOR H. Agussalim Padang, 12 - 15 Maret 2018.

Dua medali emas itu masing-masing dari cabang renang high ability putri disumbangkan oleh Nadila berasal dari SLB Serasi Latina, dan cabang lari high ability atas nama Fadila Melani pelajar SLB Peduli Anak Bangsa Tiakar Payakumbuh Timur.

"Kita kirimkan 13 atlet pada lima cabang yaitu tenis meja, renang, atletik, bola boce, dan bulu tangkis. dua diantaranya meraih emas," kata Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Payakumbuh Efriza Zaharman yang didampingi oleh Kabid Pemuda dan Olahraga Doni Saputra, Rabu.

Efriza mengapresiasi serta mengucapkan selamat atas perolehan dua medali emas tersebut.

"Kita bangga dengan mereka, ternyata mereka berhasil menunjukkan hasil yang terbaik dan mampu mengharumkan nama daerah Kota Payakumbuh, ”ujarnya.

Ke depan menurutnya Disparpora Payakumbuh akan terus mendorong agar atlet SOina bisa mendapatkan prestasi lebih baik di ajang yang lebih tinggi.

“Kita akan terus memantau dan mendorong serta memfasilitasi, sehingga bisa lebih banyak prestasi lainnya,” katanya.

Kedua atlit tersebut nantinya akan mewakili Sumatera Barat pada kejuaraan tingkat nasional di Pekanbaru pada April 2018.

Jika berhasil menjadi yang terbaik di pentas nasional, mereka berkesempatan mengikuti Special Olimpics World Summer Games (SOWSG) di Qatar pada 2019.

Ketua Special Olimpics Indonesia (SOIna) Sumbar Amsyaruddin mengatakan pihaknya menargetkan tiga orang atlet penyandang disabilitas intelektual (tuna grahita) bisa menembus tingkat internasional.

Namun untuk mendapatkannya atlet harus mengikuti seleksi ketat mulai dari tingkat pengurus cabang di tingkat kabupaten/kota hingga Pekan Olahraga Nasional di Pekanbaru.*