Begini uniknya lomba artikel di Payakumbuh

id pustaka

Begini uniknya lomba artikel di Payakumbuh

Murid Sekolah Dasar membaca di perpustakaan sekolah. (Foto : Herry Murdy/Antara Foto) (antara)

Payakumbuh, (Antaranews Sumbar) - Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kota Payakumbuh menggelar lomba penulisan artikel bagi pelajar, mahasiswa dan umum untuk meningkatkan budaya baca masyarakat.

Berbeda dengan lomba artikel yang biasa digelar dengan cara mengumpulkan hasil tulisan yang telah selesai dari peserta, lomba kali ini dilakukan dengan sistem langsung.

Artinya peserta harus membuat artikel di lokasi lomba yaitu di Kantor DKP Kota Payakumbuh, Jl.Jend.Sudirman No. 175 Kelurahan Bulakan Balai Kandi Kecamatan Payakumbuh Barat pada 29 maret 2018.

Peserta juga diminta membuat tulisan menggunakan tulisan tangan di kertas folio yang disiapkan panitia.

Selain itu tema lomba juga diberikan pada saat lomba akan dimulai, sehingga saat mendaftar peserta benar-benar masih buta dengan tema yang akan dibuat.

Kepala DPK Kota Payakumbuh Zulinda Kamal didampingi Kabid Perpustakaan Friza Susanti di Payakumbuh, Rabu mengatakan lomba dibagi dalam dua kategori yaitu kategori pelajar dan kategori mahasiswa serta umum.

"Diharapkan minat baca masyarakat bisa meningkat dengan adanya lomba ini," kata dia.

Lomba tersebut mendapat respon positif dari masyarakat Kota Payakumbuh yang mengapresiasi Pemkot karena memiliki inisiatif untuk menumbuhkan budaya baca bagi warganya.

Pemenang pertama lomba penulisan artikel akan diberi hadiah trophi, piagam dan tabanas sebesar satu juta rupiah.

Disamping lomba penulisan artikel, DPK Kota Payakumbuh juga mengangkatkan lomba mewarnai bagi murid TK/RA dan lomba bercerita bagi murit SD/MI. Kedua lomba tersebut akan dilaksanakan pada tanggal 27 & 28 Maret 2018 ditempat di Kantor DPK.*