RSUD Adnaan WD Gandeng Bank Nagari tingkatkan pelayanan pada masyarakat

id RSUD

Wali Kota Payakumbuh Riza Falepi bersama Kepala Dinas Kesehatan dan jajaran bank Nagari (Jen)

Payakumbuh, (Antaranews Sumbar) - RSUD Adnaan WD Payakumbuh menggandeng Bank Nagari untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dengan menaikan tipe rumah sakit menjadi B.

"Rumah Sakit Tipe B bisa memberikan pelayanan lebih baik karena memiliki tambahan jumlah dokter spesialis serta peningkatan sarana dan prasarana kesehatan," kata Kepala Dinas Kesehatan Payakumbuh, Elzadaswarman di Payakumbuh, Rabu.

Peningkatan sarana dan pra sarana membutuhkan anggaran yang cukup besar karena itu RSUD Adnaan WD membutuhkan mitra untuk memberikan pembiayaan dan modal.

Bank Nagari yang merupakan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) diharapkan bisa memberikan bantuan agar rumah sakit benar-benar bisa memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat.

RSUD tersebut telah membuat rencana pengembangan diantaranya mendirikan gedung rawat inap dengan luas hampir 7000 m2 terdiri dari enam lantai.

Pada perencanaan awal tahun 2015, gedung yang akan dibangun adalah empat lantai, namun pada 2018 dilakukan perbaikan pada desain gedung dan ditingkatkan menjadi enam lantai termasuk basement.

Pembangunan tersebut direncanakan selesai dalam 20 bulan dengan dengan anggaran sekitar Rp68 milyar, terdiri dari pembangunan gedung rawat inap Rp43 milyar dan pengadaan alat kesehatan Rp25 milyar.

Pimpinan Bank Nagari Cabang Payakumbuh Agusta Pria mengatakan saat ini pihaknya memiliki program kredit untuk Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) dengan tujuan mendukung pendanaan terkait biaya operasional, belanja modal, dan bahkan kredit investasi.

"Penggunaan dana BLUD ini juga bisa untuk meningkatkan tipe rumah sakit baik dari aspek layanan, SDM, peralatan kesehatan, dan fisik serta teknologi," katanya.

Pemberian kredit tersebut sama statusnya dengan memberikan kepada pemerintah daerah sehingga dapat diberikan tanpa harus menyediakan agunan.

Wali Kota Payakumbuh Riza Falepi menyambut baik tawaran dari Bank Nagari tersebut. Ia mengatakan pada periode kedua pemerintahannya, ia akan tetap memberikan yang terbaik untuk membangun Kota Payakumbuh.

Pemkot Payakumbuh akan bekerja sama dengan Bank Nagari dalam banyak proyek pembangunan daerah diantaranya gedung parkir pasar, stadion, pengadaan sapi, PDAM dan beberapa program lain.

Sementara itu untuk mempercepat naiknya tipe RSUD Adnaan WD menjadi B, rumah sakit itu akan diupervisi atau diberikan pendampingan oleh RSUP M Djamil Padang yang sudah bertipe A.

Sesuai aturan RS bertipe A diwajibkan untuk memberikan supervisi pada rumah sakit yang ada di daerah untuk menjadi rumah sakit tipe B. ***4***

Pewarta :
Editor: Miko Elfisha
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar